Rp203 T Dana Pemerintah Parkir di BI

Rp203 T Dana Pemerintah Parkir di BI
Rp203 T Dana Pemerintah Parkir di BI
JAKARTA - Di tengah ribut-ribut mengenai minimnya infrastruktur karena kurangnya dana. Ternyata pemerintah justru memiliki ratusan triliun uang yang tak terpakai dan kini diparkir di Bank Indonesia (BI).

Kepala Ekonom Danareksa Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, hingga akhir Nopvember 2012 lalu, total dana pemerintah yang tersimpan di BI mencapai kisaran angka Rp 203 triliun. "Ini inefisiensi yang sangat besar," ujarnya Kamis (10/1).

Menurut Purbaya, banyaknya uang yang diparkir di BI tersebut menunjukkan rendahnya efektifitas penyerapan belanja pemerintah. Padahal, dana tersebut mestinya digunakan untuk kegiatan-kegiatan produktif. "Akibatnya, Indonesia kehilangan potensi pertumbuhan ekonomi," katanya.

Karena itu, lanjut dia, adanya wacana menaikkan harga BBM agar penghematan dana subsidinya bisa dialokasikan untuk pengembangan infrastruktur dinilai tidak akan efektif. Sebab, dana yang ada saat ini saja masih belum terserap optimal. "Jadi, ini PR (pekerjaan rumah) besar bagi pemerintah untuk memperbaiki penyerapan anggaran," ucapnya.

JAKARTA - Di tengah ribut-ribut mengenai minimnya infrastruktur karena kurangnya dana. Ternyata pemerintah justru memiliki ratusan triliun uang yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News