Rp500 Miliar, Untuk Tanah Jalan Tol

Rp500 Miliar, Untuk Tanah Jalan Tol
Rp500 Miliar, Untuk Tanah Jalan Tol

jpnn.com - JAKARTA-Pemerintah menyiapkan sebesar Rp 500 miliar dana resiko tanah (land capping) untuk mendukung pengadaan tanah tiga ruas tol. Yakni seksi I tol Semarang - Solo, tol Bogor Ring Road dan tol Cinere – Jagorawi. Kucuran dana yang dialokasikan untuk Bogor Ring Road sebesar Rp 75 miliar, PT Trans Marga Jateng sebesar Rp 225 miliar (untuk 2 seksi) dan PT Translingkar Kita Jaya sebesar Rp 195,5 miliar. Ketiganya mendapatkan dukungan dana berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum No. 598/KPTS/M/2008 tertanggal 4-5 Desember 2008.


Dikatakan Dirjen Bina Marga Departemen PU, Hermanto Dardak, Perjanjian Pemberian Dukungan Pemerintah (PPDP) dilakukan antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Badan Usaha ruas tol Bogor Ring Road (BRR), Semarang - Solo (SS) Seksi I dan II ((75,6 km) serta ruas tol Tol Cinere Jagorawi (CJ). "Bantuan dana yang ada dapat lebih dimaksimalkan penggunaannya penyerapan dana dukungan itu dapat mempengaruhi besar-kecilnya bantuan alokasi dana untuk tahun berikutnya dari Menteri Keuangan," kata Hermanto, di Jakarta pada Jumat (12/12).


Lebih lanjut ia mengatakan tahun 2008 pihaknya mendapatkan alokasi senilai Rp 1 triliun untuk dukungan dana. Begitu pula tahun 2009 angkanya tidak jauh beda. Dana dukungan ini turunnya tidak sekaligus, melainkan dilakukan bertahap dan waktunya juga tidak bersamaan. Sebagai contoh, Investor ruas tol Bogor Ring Road telah menarik dana bantuan ini sebesar Rp 17,6 milyar dari total bantuan Rp 75 miliar. Sedangkan Ruas Jalan Tol Semarang-Solo baru akan menarik dananya senilai Rp 20 miliar.

Hal senada juga disampaikan Direktur Jalan Bebas Hambatan dan Jalan Kota, Harris Batubara, pemerintah pasalnya telah membatasi penyerapan dana dukungan ini hingga tangga 16 Desember 2008, yakni sekitar Rp 168,5 miliar untuk ketiga ruas tol (BRR, CJ,SS). Jika batas akhir yang ditentukan itu dapat terserap habis maka tidak menutup kemungkinan dananya ditambah lagi. "Rencana dukungan pemerintah untuk land capping nilainya mencapai Rp 4,89 triliun yang dianggarkan mulai tahun 2008, 2009, dan 2010 untuk 28 ruas tol," tambahnya. (rie/JPNN)

JAKARTA-Pemerintah menyiapkan sebesar Rp 500 miliar dana resiko tanah (land capping) untuk mendukung pengadaan tanah tiga ruas tol. Yakni seksi I


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News