RSPAL dr. Ramelan Berhasil Laksanakan Operasi Transplantasi Ginjal

RSPAL dr. Ramelan Berhasil Laksanakan Operasi Transplantasi Ginjal
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali saat memberikan sambutan secara daring terkait keberhasilan Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan bekerja sama dengan RSUP Dr. Kariyadi Semarang dalam melaksanakan operasi transplantasi organ (ginjal) pertama di RSPAL dr. Ramelan, Surabaya, Selasa (20/2). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Setelah berhasil melaksanakan berbagai tindakan operasi dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan melewati rangkaian kegiatan termasuk syarat medis dan administratif, Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan bekerja sama dengan RSUP Dr. Kariyadi Semarang berhasil melaksanakan operasi transplantasi organ (ginjal) pertama di RSPAL dr. Ramelan, Surabaya, Selasa (20/2).

Hal ini menjadikan RSPAL dr. Ramelan yang merupakan rumah sakit tipe A atau tingkat I sekaligus sebagai pusat rujukan di wilayah timur, menjadi Rumah Sakit TNI pertama yang melaksanakan transplantasi organ ginjal.

Momentum keberhasilan ini sebagai tanda grand launching transplantasi organ ginjal oleh Rumah Sakit Pusat TNI AL tersebut.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam sambutannya secara daring menyampaikan rendahnya jumlah transplantasi di dalam negeri salah satunya disebabkan karena masih terbatasnya rumah sakit yang mampu menyelenggarakan pelayanan tersebut.

"Oleh karena tu, diharapkan dengan adanya kegiatan ini, RSPAL dr. Ramelan mampu menyelenggarakan transplantasi ginjal secara mandiri,” ujar KSAL.

KSAL mengatakan legalitas pelayanan transplantasi ginjal diawali dengan visitasi oleh Kementerian Kesehatan RI bersama Komite Transplantasi Nasional serta Tim Ad-HOC pada tanggal 17 Mei 2023 terhadap bidang manajemen, administrasi, ketenagaan, sarana prasarana, peralatan, dan kelengkapan regulasi pelayanan kesehatan transplantasi organ.

Pada kesempatan yang sama, Kepala RSPAL dr. Ramelan, Laksamana Pertama TNI dr. Sujoko Purnomo menyampaikan pelaksanaan transplantasi ginjal yang dilaksanakan saat ini pada hakikatnya adalah suatu terobosan RSPAL dr. Ramelan guna meningkatkan kontribusi TNI AL dalam pelayanan kesehatan bagi bangsa dan negara, terutama bagi prajurit, keluarga, serta masyarakat.(fri/jpnn)

Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan bekerja sama dengan RSUP Dr. Kariyadi Semarang berhasil melaksanakan operasi transplantasi organ ginjal.


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News