RSUD Kupang Terbakar, Pasien Ngungsi

RSUD Kupang Terbakar, Pasien Ngungsi
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di RSUD Kupang.
KUPANG - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. WZ Johannes Kupang, sekitar pukul 22.00 Wita semalam terbakar. Belum diketahui secara pasti, sebab musabab terbakarnya rumah sakit terbesar di NTT ini. Juga belum diketahui apakah ada korban jiwa. Yang pasti, pasien di rumah sakit ini harus dievakuasi keluar gedung rumah sakit.

Informasi yang berhasil dihimpun, sumber api diperkirakan berasal dari hubungan arus pendek di gedung apotek yang terletak di sebelah Kantor Kas Bank NTT RSU Kupang. Namun sumber lain memperkirakan, api berasal dari ledakan tabung gas yang ada di lantai satu gedung tersebut. Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pihak RSU Kupang.

Api melahap habis lantai II RSU, yang biasanya digunakan sebagai kantor pelayanan administrasi maupun medical record (MR). Kantor Kas Bank NTT yang berada di sebelahnya pun dilalap sang jago merah.

Dua unit mobil baracuda Polda NTT sempat meredakan ganasnya sang jago merah. Api padam setelah bantuan mobil pemadam kebakaran tiba dua jam kemudian.

Akibat lambatnya proses pemadaman serta panasnya api, beberapa saat kemudian terjadi ledakan tabung gas. Ledakan ini mengakibatkan kepanikan di sekitar TKP. Bahkan Wakil Gubernur NTT, Esthon Foenay yang ada di TKP diamankan secara paksa oleh Satpol PP yang mendampingi dirinya.

Peristiwa kebakaran inipun menarik perhatian warga Kota Kupang yang berbondong-bondong hendak menyelamatkan sanak saudaranya yang sedang sakit ataupun hanya sekadar melihat peristiwa yang menghebohkan tersebut.

Pelaksanaan evakuasi pasien berlangsung tegang. Sebelum dipindahkan ke RS Bayangkara dan RS TNI AD Wira Sakti Kupang, pasien RSU ditampung sementara di rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar RSU Kupang. Selain rumah-rumah penduduk, sebagian pasien juga dibawa ke Gedung SMPN I Kupang yang jaraknya kurang lebih 200 meter dari RSU Kupang.

Dengan infus yang masih melekat di tangan, ada pasien yang duduk di pinggir jalan Mohammad Hatta sembari meratap nasibnya yang tak menentu. Bahkan, salah satu pasien dengan dua buah tabung oksigen (O2) lengkap bersama tempat tidur harus menyelamatkan diri di halaman SMPN I Kupang.

KUPANG - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. WZ Johannes Kupang, sekitar pukul 22.00 Wita semalam terbakar. Belum diketahui secara pasti, sebab

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News