Ruki: KPK Bukan Kumpulan Orang Penakut

Ruki: KPK Bukan Kumpulan Orang Penakut
Plt Ketua KPK Taufiequrachman Ruki. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA -- Setelah Komjen Budi Gunawan, kini giliran Suryadharma Ali menggugat penetapan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi melalui jalur praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Pelaksana Tugas pimpinan KPK Johan Budi Sapto Prabowo menegaskan, memang ini bukan yang pertama kali KPK digugat lewat praperadilan. Menurutnya, KPK sudah sering digugat.

"Namun memang baru pertama kali dipraperadilankan berkaitan dengan penetapan tersangka," kata Johan menjawab wartawan dalam jumpa pers usai pertemuan dengan Jaksa Agung HM Prasetyo di Kejaksaan Agung, Senin (23/2).

Namun, Johan menegaskan, sejak awal KPK sangat menghargai dan menghormati proses hukum. Termasuk apapun keputusan pengadilan.

Meski demikian, Johan juga meminta proses hukum yang ditempuh KPK dihormati oleh semua. "Termasuk kami minta semua pihak hormati langkah hukum yang ditempuh KPK," tegas dia.

Plt Ketua KPK Taufiequrachman Ruki juga menegaskan, baginya kalah menang dalam persoalan hukum sudah bisa.

"Tapi pelajaran positifnya kami harus lebih ekstra hati-hati dalam menetapkan tersangka, terutama terkait ketersediaan alat bukti dan cara mendapatkan alat bukti," ujarnya di kesempatan itu.

Namun demikian, Ruki menegaskan, hati-hati bukan berati takut. "KPK bukan kumpulan orang-orang penakut," tegasnya.

JAKARTA -- Setelah Komjen Budi Gunawan, kini giliran Suryadharma Ali menggugat penetapan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi melalui jalur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News