Ruki Mundur dari Komisaris BJB, Indriyanto Lepas Jabatan Dekan

Ruki Mundur dari Komisaris BJB, Indriyanto Lepas Jabatan Dekan
Wakil Ketua KPK Zulkarnain, Plt Pimpinan KPK Indrianto Seno Adji, Taufiqurrahman Ruki, Johan Budi Sapto Prabowo dan Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja saat berfoto bersama usai pelantikan Plt Pimpinan KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/2). Taufiqurrahman Ruki, Johan Budi Sapto Prabowo dan Indrianto Seno Adji menjadi Plt Pimpinan KPK yang menggantikan Abraham Samad dan Bambang Widjojanto yang berstatus tersangaka dan Busyro Muqoddas habis masa pensiunnya sejak Desember lalu. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Setelah resmi dilantik pagi tadi, beberapa pelaksana tugas (Plt) pimpinan KPK mengundurkan diri dari jabatan yang mereka emban sebelumnya. Langkah ini dilakukan untuk menghindari terjadinya konflik kepentingan dalam memberantas korupsi.

Dalam konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (20/2), Plt Ketua KPK Taufiequrachman Ruki nyatakan mengundurkan diri dari jabatanya sebagai Komisaris Bank Jabar Banten (BJB). Selain itu, ia juga mundur dari jabatan di sejumlah perusahaan.

"Saya mengundurkan diri dari posisi Komisaris Bank Jabar Banten dan advisor dari beberapa perusahaan swasta," kata Ruki yang didampingi para pimpinan KPK lainnya.

Ruki mengatakan, pekerjaan di perusahaan-perusahaan itu lah yang menghidupinya setelah pensiun dari kepolisian. Di luar itu, mantan anggota legislatif dari Fraksi TNI-Polri ini juga kerap menerima pekerjaan sebagai konsultan untuk berbagai bidang.

Meski begitu, Ruki mengaku ikhlas harus melepas jabatan dan pekerjaan-pekerjaan itu. "Saya sadar, karena ini menyangkut konflik kepentingan," ucapnya.

Plt Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji juga mengundurkan diri dari beberapa posisi yang dipegang sebelumnya. Salah satunya adalah posisi dekan di Universitas Krisnadwipayana (Unkris). "Beliau juga mundur sementara sebagai penasihat ahli kepolisian," ujar Ruki. (dil/jpnn)


JAKARTA - Setelah resmi dilantik pagi tadi, beberapa pelaksana tugas (Plt) pimpinan KPK mengundurkan diri dari jabatan yang mereka emban sebelumnya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News