Sukses Eksekusi Labora Karena Bantuan Polri-TNI dan Masyarakat

Sukses Eksekusi Labora Karena Bantuan Polri-TNI dan Masyarakat
Sukses Eksekusi Labora Karena Bantuan Polri-TNI dan Masyarakat

jpnn.com - JAKARTA - Eksekusi Aiptu Labora Sitorus oleh jaksa eksekutor sempat menimbulkan reaksi dari pendukungnya. Namun, reaksi itu tidak berat sehingga eksekusi lancar dilaksanakan pukul 8.25 WIT.

"Reaksi ada, tapi tidak berat karena kita sudah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya proses eksekusi itu," kata Jaksa Agung HM Prasetyo usai Salat Jumat di Kejaksaan Agung. 

Dijelaskan Prasetyo, langkah-langkah persuasif yang dijadikan pendekatan dalam mengeksekusi Labora ternyata berhasil. Eksekutor juga sudah mengajak bicara, melakukan pendekatan terhadap tokoh-tokoh masyatakat, tokoh adat, dan lainnya. "Rasanya mereka bisa mengerti. Dengan demikian mereka memahami bahwa eksekusi memang harus dilakukan," tegasnya. 

"Pada pukul 8.25 WIT eksekusi Labora berhasil kita selesaikan. Ini berkat bantuan Polri, TNI AL, AD, termasuk masyarakat," timpal mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum Kejagung itu. Saat ini, ia menambahkan, Aiptu Labora sudah berada di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Sorong, Papua Barat, untuk menjalani hukumannya berdasarkan putusan kasasi Mahkamah Agung.

Saat ditanya apakah Labora akan dipindahkan ke Jakarta, Prasetyo mengaku itu urusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Sebab, kata dia, saat ini kewenangan sudah berpindah dari jaksa selaku eksekutor kepada Direktorat Jenderal Lapas Kemenkumham. (boy/jpnn)


JAKARTA - Eksekusi Aiptu Labora Sitorus oleh jaksa eksekutor sempat menimbulkan reaksi dari pendukungnya. Namun, reaksi itu tidak berat sehingga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News