Rusuh di Heram, Puluhan Rumah Hangus

Rusuh di Heram, Puluhan Rumah Hangus
Warga Yoka yang menyiapkan senjata tajam untuk membalas serangan dari warga pegunungan. (Foto: Kornelis Watkaat/Cenderawasih Pos)
JAYAPURA - Sebuah kampung yang berada di Distrik Heram, Kota Jayapura yaitu Kampung Yoka, Rabu (17/11) pagi sekitar pukul 07.30 WIT kemarin diserang oleh sekelompok warga yang diduga dari masyarakat pegunungan tengah.Akibat penyerangan ini, sekitar 24 rumah milik warga Kampung Yoka itu hangus setelah dibakar oleh kelompok massa pegunungan itu. Tiga rumah lainnya yang sempat dibakar massa berhasil dipadamkan oleh aparat keamanan yang datang ke lokasi kejadian.

Tidak hanya itu, sekitar 5 rumah warga lainnya juga rusak berat akibat dihancurkan massa, 3 rumah mengalami rusak ringan. Termasuk 2 unit sepeda motor dan 2 unit mobil Mitsubishi Strada juga turut dibakar massa.

Dari pantauan Cenderawasih Pos (grup JPNN) sekitar pukul 07. 45 WIT, warga pegunungan itu terus melakukan penyerangan ke Kampung Yoka melalui tepi Danau Sentani dan bibir gunung, sehingga warga Kampung Yoka langsung kaget dan berusaha menyelamatkan diri ke gunung dan ada juga yang menggunakan perahu berlabuh ke tengah-tengah Danau Sentani.

Kampung Yoka yang selama ini cukup ramai dilalui kendaraan karena di kampung itu dilalui jalan raya yang menghubungkan Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom, dalam sekejab berubah menjadi mencekam dan menakutkan. Yang terlihat hanyalah aparat keamanan dan kelompok massa yang menyerang dan beramai-ramai membakar rumah di Kampung Yoka itu.  Situasi bertambah tegang manakala ada sekelompok warga Kampung Yoka berusaha melakukan serangan balik, baik melalui arah ujung utara Kampung Yoka maupun ada warga Yoka yang sudah turun dari perahu dan berenang hendak ke darat untuk melakukan perkelahian terbuka, namun hal itu dicegat oleh aparat keamanan dengan melakukan tembakan peringatan ke udara.

JAYAPURA - Sebuah kampung yang berada di Distrik Heram, Kota Jayapura yaitu Kampung Yoka, Rabu (17/11) pagi sekitar pukul 07.30 WIT kemarin diserang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News