Penjarahan Mulai Marak di Lereng Merapi

Klaten Bangun Rumah Darurat, Jogja Bagi Hewan Kurban

Penjarahan Mulai Marak di Lereng Merapi
Penjarahan Mulai Marak di Lereng Merapi
KLATEN - Rencana relokasi rumah warga yang terkena dampak langsung erupsi Gunung Merapi makin mengemuka. Saat ini Pemkab Klaten siap membangun rumah-rumah sementara bagi warga yang tempat tinggalnya luluh lantak setelah dihantam awan panas. "Kami sudah menyiapkan rumah darurat bagi warga yang rumahnya hancur," tutur Bupati Klaten Sunarna di Sekretariat Satlak Klaten kemarin.

Menurut dia, cepat atau lambat, korban letusan Merapi membutuhkan rumah untuk berteduh."Karena itu, pemkab mengambil langkah lebih dini dengan menyediakan rumah darurat bagi warga yang masih mengungsi. Saat ini mereka menghitung rumah yang harus dibangun.

"Selain kini kami validasi KK-nya, tentu juga jumlah rumahnya. Mudah-mudahan itu cepat terdata," ungkap dia. Ditanya tentang lokasi, dia menyatakan bahwa sangat mungkin pihaknya memanfaatkan lapangan Balerante. Pertimbangannya, lapangan tersebut mudah dijangkau. Menurut bupati, rumah sementara yang akan"dibangun itu hanyalah tempat singgah.

"Tempat itu menjadi tempat berteduh mereka selama rumah mereka dibangun (direhab, Red)," ungkapnya. Soal dana untuk penyiapan rumah sementara tersebut, bupati berharap ada sharing dengan pemerintah provinsi"dan pusat. "Kami harapkan berbagi," ucap dia.

KLATEN - Rencana relokasi rumah warga yang terkena dampak langsung erupsi Gunung Merapi makin mengemuka. Saat ini Pemkab Klaten siap membangun rumah-rumah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News