Saat Ini Momentum Terbaik untuk Reshuffle

Eep: SBY Bisa Pangkas 15 Persen Komposisi Koalisi

Saat Ini Momentum Terbaik untuk Reshuffle
Saat Ini Momentum Terbaik untuk Reshuffle
JAKARTA - Berbagai persyaratan yang menjadi prakondisi reshuffle kabinet saat ini sudah terpenuhi. Pengamat politik Eep Saefulloh Fatah mengemukakan tiga kunci terjadinya perombakan kursi menteri. Tiga kunci tersebut adalah terdapatnya harapan publik, tersedianya momentum, dan adanya kesempatan.

"Dilihat dari sisi itu, harapan publik (akan) adanya perbaikan dalam susunan kabinet memang sangat tinggi belakangan ini," kata Eep di Jakarta, Jumat (22/10). Momentum menuju perbaikan, lanjut dia, termasuk reshuffle, selalu ada. "Kesempatan juga tersedia," imbuh direktur PolMark Indonesia tersebut.

      

Menurut Eep, momentum itu tersedia karena saat hendak direkrut Presiden SBY, menteri harus menandatangani kontrak kinerja. Di dalam kontrak kinerja tersebut disebutkan bahwa presiden punya kesempatan setiap tahun untuk melakukan evaluasi dan melakukan follow up.

"Pada 20 Oktober ini kan satu tahun pemerintahan (presiden dilantik, Red). Atau, kalau dihitung sejak kabinet diumumkan, ya 22 Oktober. Artinya, masa satu tahun sudah berjalan dan mestinya ini kesempatan yang terbuka (untuk reshuffle, Red)," ujar Eep.

JAKARTA - Berbagai persyaratan yang menjadi prakondisi reshuffle kabinet saat ini sudah terpenuhi. Pengamat politik Eep Saefulloh Fatah mengemukakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News