Sakit Mag dan Tukak Lambung, Apa Bedanya?

Sakit Mag dan Tukak Lambung, Apa Bedanya?
Sakit maag. Ilustrasi Foto: Pixabay

jpnn.com - Sebagian orang mengartikan rasa nyeri yang terjadi di perut sebagai gejala sakit mag. Padahal, gangguan yang terjadi di sekitar perut dan pencernaan tidak selalu mag. Bisa jadi, itu adalah gejala sakit tukak lambung yang tentunya berbeda dengan sakit mag.

Meski dua penyakit yang berbeda, mag dan tukak lambung memiliki hubungan sebab-akibat yang erat. Gejala dan cara pencegahan kambuhnya penyakit ini pun hampir sama.

Sakit mag
Sakit mag atau gastritis adalah sebuah proses inflamasi atau peradangan yang terjadi pada dinding lambung. Gangguan kesehatan ini hanya terbatas pada lapisan mukosa dan submukosa lambung.

Proses peradangan dapat disebabkan oleh sistem perlindungan mukosa lambung yang tidak mampu lagi melindungi lambung. Hal ini terjadi akibat paparan berbagai zat iritan yang melukai permukaan dinding lambung secara terus-menerus.

Beberapa gejala yang dirasakan ketika mengalami sakit mag adalah:

  • Nyeri tumpul disertai sensasi terbakar di bagian perut atas
  • Sering bersendawa
  • Perasaan kembung pada perut
  • Mual dengan atau tanpa muntah
  • Kehilangan selera makan

Tukak lambung
Tukak lambung atau peptic ulcer adalah kerusakan pada mukosa lambung yang melibatkan dinding lambung lebih dalam. Kondisi ini menyebabkan terjadinya peradangan lokal beserta luka di area tersebut.

Tukak lambung merupakan proses perjalanan penyakit lanjutan dari sakit mag yang bersifat kronik jika tidak tertangani dengan baik. Peradangan ini bisa disebut tukak jika luka tersebut telah membuat robekan berdiameter ≥ 5 mm mulai dari submukosa hingga otot mukosa dinding lambung.

Pada sakit mag, hanya terjadi peradangan pada permukaan terluar dinding lambung. Sedangkan pada tukak lambung, telah terjadi kerusakan yang menyebabkan luka lebih dalam atau hilangnya sebagian dinding lambung. Kondisi ini bisa menyebabkan perdarahan yang masif dan sangat membahayakan kesehatan Anda.

Mag dan tukak lambung adalah dua masalah kesehatan yang berbeda. Meski begitu, dua penyakit itu pada dasarnya disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak teratur.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News