Sambut Tahun Baru 2016, Koarmatim Gelar Kegiatan Keagamaan

Sambut Tahun Baru 2016, Koarmatim Gelar Kegiatan Keagamaan
Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto bersama para kyai, habib, dan prajurit dan PNS Koarmatim menggelar acara Maulid Nabi, dzikir dan doa bersama dalam rangka menyambut tahun baru 2016. FOTO: Koarmatim for JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA – Dalam waktu yang bersamaan untuk menyambut tahun baru 2016, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menggelar kegiatan keagamaan baik yang beragama Muslim maupun untuk pemeluk nonmuslim.

Bagi pemeluk agama Islam, Majelis Rasulullah SAW menggelar acara Maulid dan Dzkir Akbar di Dermaga Madura Mako Koarmatim Ujung, Surabaya, Kamis (31/12). Umat Kristiani Koarmatim melaksanakan kegiatannya di Gereja Santa Maria Ratu Damai, Komplek Pasiran Daerah Basis TNI Angkatan Laut (DBAL) Koarmatim Ujung, Surabaya. Sedangkan pemeluk agama Hindu melaksanakan ibadah di Pura yang berada di Jalan Rawa yang baru saja diresmikan beberapa waktu yang lalu.

Menurut Kepala Dinas Penerangan Koarmatim, Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman, kegiatan sholawat dan doa bersama serta tausyiah agama tersebut bertujuan untuk mengisi kegiatan menyambut tahun baru 2016 dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa serta dalam rangka meningkatkan dan keimanan dan ketaqwaan para prajurit.

Maulid dan dzikir akbar malam tahun baru 2016 yang berlangsung mulai pukul 20.00 WIB sampai pergantian tahun, diikuti sekitar 5.500 orang terdiri dari prajurit dan PNS Mako Koarmatim serta Jamaah Majelis Rasulullah SAW se-Jawa Timur.

Acara keagamaan melibatkan prajurit dan santri tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, dilanjutkan Shalat Hajat dan pembacaan Shalawat Dhiyaa’ul Laami. Setelah Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, menyampaikan sambutannya, dilanjutkan tausyiah, dzikir dan doa bersama yang dipimpin para habib dan ulama sampai pergantian tahun 2015 ke 2016.

Pangarmatim mengatakan Maulid dan Majelis Dzikir merupakan sarana strategis untuk mengharap rahmat dan ridho Allah SWT. Selain bersholawat, juga dilaksanakan dzikir akbar yang merupakan wujud kepasrahan sebagai mahluk Tuhan yang memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan.

“Sudah sepatutnyalah kita senantiasa berharap pertolongan dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh prajurit Koarmatim dan para hadirin serta undangan sekalian untuk bersama-sama berdzikir,” kata Pangarmatim.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kasarmatim Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, para Pejabat Utama Mako Koarmatim, Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto beserta segenap jajaran Pengurus Inti DJAT, Habib Idrus Bin Muhammad Alaydrus selaku pimpinan Majelis Rasulullah Jawa Timur, para habib, para kyai, para ulama serta segenap  Keluarga   Besar  Mako   Koarmatim   dan Jama’ah Majelis Rasulullah se-Jawa Timur.(fri/jpnn)


SURABAYA – Dalam waktu yang bersamaan untuk menyambut tahun baru 2016, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menggelar kegiatan keagamaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News