Sambut Tahun Baru, Pendaki Serbu Lawu

Sambut Tahun Baru, Pendaki Serbu Lawu
Sambut Tahun Baru, Pendaki Serbu Lawu

jpnn.com - MAGETAN - Puncak Lawu masih menjadi destinasi pilihan untuk merayakan malam pergantian tahun. Dalam sepekan terakhir ribuan pendaki dari berbagai daerah melakukan pendakian. Kebanyakan mereka memilih jalur Cemoro Sewu, Ma­getan, ketimbang Cemoro Kandang yang berada di Tawangmangu, Karanganyar, Jateng.

Untuk sampai di puncak Hargo Dumilah dengan ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut, waktu normal yang dibutuhkan pendaki pemula sekitar tujuh jam.

''Bisa sampai 4.000 pendaki kalau malam tahun baru. Tahun lalu saja, meski cuaca tidak mendukung, terdapat sekitar 3.000 orang,'' ujar Edi Talijiwo, salah seorang tim SAR. Selain puncak malam tahun baru, pendaki membanjiri Lawu ketika 17 Agustus maupun bulan Muharam atau Sura.

Kepala Pelaksana BPBD Magetan Moch. Maksum menjelaskan, beberapa pekan ini kondisi cuaca kurang bersahabat. Menurut dia, di kawasan rute pendakian kerap terjadi hujan disertai badai. Hingga kini, jalur pendakian dari Cemoro Sewu belum ditutup. Dia mengimbau pendaki waspada. (ian/ota/any/mas/JPNN)


MAGETAN - Puncak Lawu masih menjadi destinasi pilihan untuk merayakan malam pergantian tahun. Dalam sepekan terakhir ribuan pendaki dari berbagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News