San Suu Kyi Dikabarkan Rangkap 4 Jabatan

San Suu Kyi Dikabarkan Rangkap 4 Jabatan
Aung San Suu Kyi. Foto: AFP

jpnn.com - NAYPYIDAW- Aung San Suu Kyi bakal mendapat peran penting dalam kabinet baru Myanmar. Presiden Htin Kyaw dikabarkan sudah menyiapkan Suu Kyi sebagai menteri luar negeri.

Wanita 70 tahun itu bahkan menjadi kandidat pertama anggota kabinet baru di era Htin Kyaw. Ikon demokrasi Myanmar itu bahkan menjadi satu-satunya kandidat perempuan dari Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD).

Mann Win Khaing Than, ketua Majelis Tinggi Myanmar alias Amyotha Hluttaw memang tak menyebut posisi setiap kandidat. Sebab, NLD hanya mengajukan 15 dari 18 posisi yang ada di kabinet.

Tapi, banyak pengamat menduga Suu Kyi bakal merangkap empat jabatan sekaligus. “Parlemen akan menyelenggarakan pemungutan suara untuk menentukan komposisi kabinet baru,” Khaing Than sebagaimana dilansir laman AFP, Selasa (22/3) kemarin.

Dari sumber terpisah, Reuters mendapat informasi bahwa nama Suu Kyi dinominasikan untuk empat posisi. Yakni, menteri luar negeri, menteri energi dan sumber daya listrik, pendidikan, serta urusan kepresidenan. (hep/jos/jpnn)

 

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News