Sandiaga Kenalkan Ekonomi Hijau dan Cara Sukses Berwirausaha ke Pelaku UMKM

Sandiaga Kenalkan Ekonomi Hijau dan Cara Sukses Berwirausaha ke Pelaku UMKM
Menparekraf Sandiaga Uno berdiskusi bersama pelaku UMKM yang ada di Sleman, DIY. Dok: tim media Sandiaga.

jpnn.com, SLEMAN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri diskusi bertajuk "Angkring Sesarengan Mas Sandi Pengembangan Basis Ekonomi Kreatif dan Networking Bagi Komunitas".

Dalam diskusi itu, Sandiaga memperkenalkan tentang ekonomi hijau dan cara sukses berwirausaha dengan Pelatihan, Pemasaran, serta Permodalan kepada para pelaku UMKM di Pawon Mbah Gito, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Dalam pengembangan usaha khususnya Mba Nok yang berkeinginan usahanya berkembang, dibutuhkan pertama pelatihan agar bisa naik kelas, kedua pemasaran karena kalau punya modal tidak bisa menjual barang maka tidak akan sukses usahanya, ketiga kalau usahanya sudah meningkat pasti butuh permodalan. Kami berkolaborasi dengan semangat pelatihan, pemasaran, dan permodalan," kata Sandiaga dalam siaran persnya, Senin (13/11).

Menurut Sandiaga, para wirausaha yang hadir untuk ekonomi berkembang, salah satunya dengan silaturahmi. Dia pun berharap penggerak ekonomi dapat memanfaatkan momen tersebut untuk membangun usahanya.

“Berdiskusi dengan bapak ibu dalam menukar informasi dan strategi supaya ekonomi kita lebih berkembang. Maka diperlukan silaturahim, karena silaturahmi ada dua mukjizat yang pertama adalah memperpanjang umur dan kedua melimpahkan rezeki. Jadi angkringan inilah bagian dari pada silaturahim, kita ingin komunitas yang ada ini berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi sehingga bisa membuka pintu rezeki," ujar Sandi.

Dalam diskusi diselipakan pertanyaan, yakni bagaimana menarik wisatawan untuk berkunjung ke Desa Sikuba Mendiro. Dikarenakan banyak kegiatan budaya yang sampai saat ini masih dilestarikan.

Sandi pun menjelaskan pentingnya bergabung dengan jaringan desa wisata yang dikembangkan Kemenparekraf dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Pertama inovasi apa yang ditawarkan supaya wisatawan itu datang ke Desa Wisata Sikuba Mendiro mendapatkan suatu sensasi yang unik dan menarik, kedua adaptasi karena sekarang kita sudah mempunyai daya tarik harus masuk ke dalam jaringan desa wisata yang Kemenparekraf kembangkan," ujar dia.

Menparekraf Sandiaga Uno memperkenalkan ekonomi hijau hingga cara sukses berwirausaha kepada pelaku UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News