Saran Guru Besar UI Agar Tiongkok Tidak Dimusuhi Negara Terdampak Corona

Saran Guru Besar UI Agar Tiongkok Tidak Dimusuhi Negara Terdampak Corona
Ilustrasi virus corona baru COVID-19. Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah pihak menyalahkan Tiongkok atas meledaknya pandemi virus corona. Bahkan ada yang sampai mengajukan gugatan ke pengadilan dan menuntut Negeri Panda itu memberikan ganti rugi.

"Namun pemerintah Tiongkok dapat melakukan tiga hal penting sebagai respons dari suara-suara yang menuntut ganti rugi tanpa memberikan pampasan," kata Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana, Rabu (29/4).

Pertama, jangan mengambil keuntungan dari bencana dunia ini. Baik keuntungan ekonomi dan finansial, politik maupun sosial.

Kedua, Tiongkok sedapat mungkin memberi bantuan kepada negara-negara terdampak dalam berbagai bentuk untuk meringankan kerugian mereka.

Terakhir, Tiongkok harus memperbaiki citranya bahwa dia bukanlah negara yang hendak mendominasi dunia dengan kekuatan finansial dan militernya.

"Tiga hal ini tentunya didasarkan pada kesadaran Tiongkok untuk bertanggung jawab," kata Hikmahanto.

"Namun, bila pemerintah Tiongkok tetap bersikukuh tersebarnya pandemi virus corona bukan karena kegagalan penanganan dini olehnya maka suara dunia untuk mendapatkan kompensasi akan terkubur," pungkas dia. (ant/dil/jpnn)

Sejumlah pihak menyalahkan Tiongkok atas meledaknya pandemi virus corona. Bahkan ada yang sampai mengajukan gugatan ke pengadilan dan menuntut Negeri Panda itu memberikan ganti rugi


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News