Saran Penting Dokter Ida untuk Mencegah Berat Badan Naik Saat Lebaran

Saran Penting Dokter Ida untuk Mencegah Berat Badan Naik Saat Lebaran
Ada saran dari Dokter Ida Gunawan untuk mencegah berat badan naik saat Lebaran. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia cabang DKI-Jakarta (PDGKI-Jaya) dr. Ida Gunawan, M.S, Sp.GK, M.Kes (K), FINEM memberikan tips bagi masyarakat mencegah berat badan naik saat Lebaran. 

Dokter Ida Gunawan menyarankan masyarakat menerapkan prinsip 3 J, yakni jumlah, jadwal makan, dan jenis, saat menyantap hidangan Lebaran demi mencegah berat badan naik dan masalah pencernaan.

Supaya tak mengalami masalah pencernaan sekaligus berat badan naik seusai menyantap hidangan Lebaran, masyarakat perlu menerapkan pola gizi seimbang dengan mengatur jumlah, jenis dan jadwal makannya.

Dari sisi jumlah, Ida menjelaskan, masyarakat disarankan mengonsumsi sesuai kebutuhan yang salah satunya bisa berpatokan pada kebiasaan.

"Contoh, kalau pagi sarapannya semangkuk bubur, saat Lebaran tetap sarapan satu mangkuk misalnya ketupat (ditambah lauk pauk)," kata Dokter Spesialis Gizi Klinik Konsultan Nutrisi pada Kelainan Metabolisme Gizi yang berpraktik di RS Pondok Indah - Puri Indah itu kepada ANTARA pada Minggu (1/5). 

Kemudian, makan sesuai jadwal, yakni tiga jam sekali dengan aturan tiga kali makan utama dan tiga kali camilan atau makanan selingan semisal kue-kue kering maupun basah.

"Tiga jam lagi (setelah sarapan) kita bisa makan siang, sudah tidak usah ketupat. Kita mencoba menu makanan lainnya dan seterusnya. Dengan demikian, pola gizi seimbang tetap bisa terjaga dan berat badan tidak akan naik," kata Ida.

Dia mengingatkan orang-orang tidak makan dalam jumlah berlebihan dan memaksa diri menyantap semua hidangan tersedia saat Lebaran karena hal ini bisa memunculkan masalah pencernaan.

Dokter Ida Gunawan memberi saran kepada masyarakat agar menerapkan 3 J untuk mencegah berat badan naik saat Lebaran. Apa 3 J itu?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News