Sariawan? Obati dengan Resep Alami

Sariawan? Obati dengan Resep Alami
Sariawan? Obati dengan Resep Alami

jpnn.com - ANDA pernah atau sering mengalami sariawan? Jamak diketahui bahwa sariawan menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat sulit mengonsumsi makanan atau minuman.

"Masing-masing dari kita pasti pernah mengalami sariawan setidaknya sekali dalam hidup kita," kata ahli gizi dari Heinz Nutri Life Clinic, Neelanjana Singh, seperti yang dilansir laman Times of India, Kamis (8/8)

Lantas apa penyebab sariawan? Sariawan bisa dikarenakan gigitan secara tidak sengaja di mulut atau bentuk lain dari trauma oral.  Sariawan juga bisa dikarenakan kekurangan nutrisi seperti zat besi, vitamin B 12 dan vitamin C.

Namun, ada juga makanan yang bisa menyebabkan sariawan, seperti pinang  dan almond. Selain itu, beberapa buah-buahan dan sayuran yang mengandung asam yang berbeda juga bisa menyebabkan sariawan. Misalnya stroberi dan tomat yang dapat menyebabkan ulserasi mukosa (luka pada lapisan mukosa lambung, red), serta keju, cokelat dan kopi.

Meski demikian ada solusi untuk sariawan. MIsalnya minyak kelapa yang memiliki sifat anti-bakteri. Minyak kelapa dicampur madu bisa mengobati sariawan. Caranya, cukup oleskan campuran minyak kelapa dan madu pada lobang sariawan.

Selain itu, bisa juga menggunakan bubuk kunyit dicampur 1 sendok teh gliserin (cairan jernih, tidak berbau dan memiliki rasa manis, yang biasa dipakai untuk pembuatan pasta gigi, red) sehingga berbentuk pasta. Selanjutnya, cukup oleskan pasta itu di daerah yang terkena sariawan.(fny/jpnn)


ANDA pernah atau sering mengalami sariawan? Jamak diketahui bahwa sariawan menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat sulit mengonsumsi makanan atau


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News