Satukan Kompetisi, Budaya dan Musik, Fornas Esports 2023 The Real Sports Industry

Satukan Kompetisi, Budaya dan Musik, Fornas Esports 2023 The Real Sports Industry
Fornas Esports yang digelar di Sudirman Grand Ballroom, Bandung, Jawa Barat, 5-6 Juli 2023 benar-benar ditangani secara profesional oleh Indonesian Esports Associaton (IESPA). Foto: Dok Fornas

jpnn.com, BANDUNG - Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) Esports yang digelar di Sudirman Grand Ballroom, Bandung, Jawa Barat, 5-6 Juli 2023 benar-benar ditangani secara profesional oleh Indonesian Esports Associaton (IESPA).

Konsepnya pun berbeda dengan pelaksanaan Fornas Esports secara mandiri di Hotel Aryaduta, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) pada Tahun 2022.

Dalam pidato pembukaan pada Rabu (5/7/2023), Ketua Umum IESPA RM Ibnu Riza Prapto menyebut Fornas Esports kali ini mengusung tema Melody of Victory yakni perpaduan kompetisi, musik, dan budaya.

"Melodies of Victory adalah gabungan ide dan mimpi dari kita untuk dapat memadukan sebuah acara Kompetisi Esports dengan budaya gamers. Kami mengusung semangat perbedaan dalam budaya gamers yang mencintai Esports, Musik dan juga budaya Jepang seperti Anime, Cosplay, dan masih banyak lagi.

"Di sini, kita ingin menunjukan kepada dunia bahwa Esports bukan hanya terbatas tentang kompetisi saja, namun juga ada culture dan lifestyle di dalamnya," kata Ibnu Riza Pradipto.

Apa yang disebut Ibnu itu jelas tergambar dalam suguhan acara musik yang dihadiri Artis papan atas indonesia. Seperti Weird Genuis, Vierratale dan Luthfi Halimawan yang merupakan para musisi berbakat dan sangat dekat dengan komunitas Esports di Indonesia.
Bukan hanya itu saja, IESPA juga sukses menjadikan Fornas Esports sebagai sports industry dan sports tourism seperti yang diinginkan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Fornas Esports di Bandung The Real Sports Industry dan Sports Tourism itu bisa dilihat dengan tingginya minat peserta. Bahkan, Ibnu menyebut, IESPA harus melakukan proses kualifikasi terhadap 2000 tim dari 24 Provinsi yang mendaftar menjadi 96 tim dengan jumlah peserta 900 atlet. Mereka akan mengikuti empat nomor yang dipertandingkan yakni MLBB , PUBGM , Efootball dan Tekken.

Tidak hanya itu saja. Fornas Esport ini juga membangkitkan perekonomian. Karena, ada 42 booth yang ada di lokasi venue, terdiri dari booth

Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) Esports di Sudirman Grand Ballroom, Bandung, Jawa Barat, 5-6 Juli 2023 benar-benar ditangani secara profesional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News