Saudara Diktator Maladewa Terpilih jadi Presiden

Saudara Diktator Maladewa Terpilih jadi Presiden
Saudara Diktator Maladewa Terpilih jadi Presiden

jpnn.com - MALADEWA -- Hasil pemilu Maladewa putaran kedua sangat mengejutkan. Pasalnya, Yaamin Abdul Gayoom yang merupakan saudara dari mantan diktator Maumoon Abdul Gayom, yang memerintah Maladewa selama 30 tahun dan digulingkan pada 2008 terpilih sebagai presiden.

Yaamin Abdul Gayoom mengalahkan Mohamad Nasheed yang tadinya dijagokan untuk menang. Gayom meraih 51 persen suara saat hanya tinggal empat kotak suara dari 475 yang belum dihitung. Menurut Washingtonpost (16/11), dalam putaran pertama pemilihan, Nasheed meraih 47 persen suara.

Pemilu putaran kedua ini tadinya dijadwalkan akan diselenggarakan pada 10 November, tetapi Mahkamah Agung Maladewa memerintahkan penundaan setelah kandidat yang kalah dikabulkan permohonannya. Nasheed sendiri menuduh Mahkamah Agung berusaha mencegahnya kembali menjabat.

Dia pertama kali terpilih sebagai presiden tahun 2008, mengakhiri 30 tahun pemerintahan otokratis di Maladewa. Namun Nasheed dipaksa mengundurkan diri di bawah todongan senjata tahun 2012.

Sementara Gayoom merupakan saudara dari mantan diktator Maumoon Abdul Gayoom, yang memerintah negara kepulauan itu selama 30 tahun sebelum digulingkan dalam pemilihan 2008.

Pemilihan Sabtu, (16/11) terjadi di tengah-tengah tekanan internasional agar negara itu mengakhiri kekisruhan politik yang berlangsung berbulan-bulan. (esy/jpnn)


MALADEWA -- Hasil pemilu Maladewa putaran kedua sangat mengejutkan. Pasalnya, Yaamin Abdul Gayoom yang merupakan saudara dari mantan diktator Maumoon


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News