SBY Didesak Tuntaskan Monumen Sudirman di Pacitan

SBY Didesak Tuntaskan Monumen Sudirman di Pacitan
SBY Didesak Tuntaskan Monumen Sudirman di Pacitan
PACITAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menyerah terhadap polemik keberadaan Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman yang terletak di Bukit Gandrung, Desa Pakis Baru Kecamatan Nawangan. Ganti rugi yang dituntut ahli waris Roto Suwarno yang merupakan penggagas sekaligus pembangun monumen dinilai tidak cukup bila dananya berasal dari APBD Pacitan.

"Kami tidak punya uang yang dipakai sebagai ganti rugi. Kami tidak bisa menganggarkannya," kata Bupati Pacitan, G Soedibjo di sela-sela penutupan Napak Tilas RPS Taruna Akademi TNI Tingkat I Tahun Pelajaran 2010/2011 di Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman di Nawangan, Pacitan, Kamis (13/1).

Soedibjo berkilah proyek monumen yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini tidak punya hubungan langsung dengan Pemkab Pacitan. Alasannya, program revitalisasi tahun 2008 merupakan proyek pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.

"Ini asetnya pusat, dikelola oleh ahli waris. Sekarang memang ahli waris berhadap-hadapan dengan pemerintah pusat," kata Soedibjo yang sebelumnya Wakil Bupati namun diangkat menjadi Bupati Pacitan menggantikan Sujono yang meninggal dunia.

PACITAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menyerah terhadap polemik keberadaan Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman yang terletak di Bukit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News