SBY Diminta Berpidato soal Pancasila

SBY Diminta Berpidato soal Pancasila
SBY Diminta Berpidato soal Pancasila
JAKARTA- Ketua Pelaksana Harian Pimpinan Kolektif Nasional Partai Demokrasi Pembaruan, Roy BB Janis minta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkenan menyampaikan pidato kenegaraan mengenai Pancasila sebagai falsafah kehidupan Bangsa Indonesia. Pidato kenegaraan tersebut diharapkan berlangsung pada tepat 1 Juni merupakan hari lahirnya Pancasila. Harapan itu dikemukakan Roy BB Janis disela-sela Silaturahim Kaum Nasionalis, di uala Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (11/3).

Pidato kenegaraan presiden tentang Pancasila tersebut, lanjut Roy, pasti sangat ditunggu-tunggu oleh rakyat Indonesia karena semenjak reformasi terjadi belum ada seorang presiden pun yang berani berpidato tentang Pancasila. Mulai dari BJ Habibie, Gus Dur, Megawati bahkan SBY sendiri belum pernah secara khusus berpidato soal Pancasila.

"Sulit kita memahami fakta ini karena sepertinya para pemimpin bangsa ini mengalami semacam gangguan psikologis untuk membicarakan Pancasila kepada rakyatnya sendiri. Padahal Pancasila itu sesungguhnya adalah alat pemersatu suku bangsa yang sangat heterogen ini," kata Roy BB Janis.

Apalagi di tengah-tengah pergaulan internasional dan global ini, tambah dia, jika Pancasila tidak lagi diberi ruang yang memadai akan jadi apa bangsa dan negara ini ke depan karena telah kehilangan jatidirinya.

JAKARTA- Ketua Pelaksana Harian Pimpinan Kolektif Nasional Partai Demokrasi Pembaruan, Roy BB Janis minta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News