SBY Gelar Open House Kamis

SBY Gelar Open House Kamis
SBY Gelar Open House Kamis

jpnn.com - JAKARTA - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menggelar silaturahmi idul fitri dengan masyarakat di Istana Negara. Dalam momen setahun sekali tersebut, masyarakat dapat langsung bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhono (SBY) beserta keluarganya.

Menurut Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, acara open house istana tahun ini akan dilaksanakan pada hari pertama lebaran. Karena lebaran diperkirakan jatuh pada Kamis (8/8), open house juga akan digelar pada hari tersebut. "Kemungkinan besar tidak ada bedanya dengan tahun-tahun sebelumnya. Susunan acaranya masih sama," jelas Julian kemarin (5/8).

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, open house akan dilaksanakan di Istana Negara. Masyarakat diharapkan datang melalui pintu Sekretariat Negara di Jalan Majapahit. Setelah presiden selesai melaksanakan shalat idul fitri di Istiqlal dan melaksanakan tradisi sungkeman untuk keluarganya dan para pejabat negara, petugas akan mempersilakan masyarakat masuk ke Istana Negara pada sore hari. "Pertimbangannya pada penyelenggaraan tahun lalu kan semuanya berjalan tertib," katanya.

Sebagai informasi rangkaian acara open house di Istana Presiden, biasanya diawali dengan acara silaturahmi antara Presiden dan ibu negara dengan Wapres beserta para pimpinan lembaga negara dan para duta besar negara sahabat. Acara tersebut merupakan acara tertutup.

Selanjutnya pada sore harinya, Presiden beserta keluarga menggelar open house bagi masyarakat umum. Dalam kesempatan tersebut, masyarakat bisa berjabat tangan sekaligus berfoto dengan Presiden. Meski waktu yang disediakan untuk masing-masing orang sangat sempit, masyarakat biasanya tidak pernah melewatkan momen tersebut.  

Meski begitu, Julian memaparkan masih ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan lebih lanjut. Salah satunya waktu pelaksanaan open house yang bergantung keputusan sidang isbat pada hari ini. "Harus dimatangkan lagi, karena kita masih menunggu hasil keputusan sidang isbat kapan tepatnya hari raya idul fitri," jelasnya.

Soal rencana silaturahmi ke sejumlah tokoh nasional, seperti Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Baharuddin Jusuf Habibie, Julian menyatakan belum ada rencana tersebut. "Sepertinya belum ada ya," ujarnya.

Sementara itu, Wapres Boediono beserta istri telah menjadwalkan untuk mengunjungi kediaman Megawati dan BJ Habibie. Acara silaturahmi tersebut dilakukan pada sore hari, usai acara silaturahmi Wapres dengan keluarga besar Setwapres, para menteri, para dubes dan masyarakat umum pada siang harinya. (ken)


JAKARTA - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menggelar silaturahmi idul fitri dengan masyarakat di Istana Negara.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News