SBY Resmikan Firing PLTU Embalut

SBY Resmikan Firing PLTU Embalut
Dahlan Iskan (kanan) menyambut Presiden SBY dan Ny Ani Yudhoyono saat peresmian PLTU Embalut. Foto: KP
TENGGARONG – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Embalut - Tanjung Batu, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar), diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sabtu (5/7).

Peresmian firing tahap I proyek berkapasitas 2x25 megawatt (MW) yang dibangun PT Cahaya Fajar Kaltim (CFK) ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh SBY. CFK adalah perusahaan patungan PT Kaltim Electric Power (KEP) milik Jawa Pos Grup dengan Pemprov Kaltim melalui Perusda Kelistrikan Kaltim.

Secara khusus, SBY menyampaikan apresiasi dan menyatakan bangga atas dibangunya proyek PLTU berbahan bakar batu bara ini lantaran ikut memelopori pengurangan pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang harganya terus meroket di tingkat dunia. Ia juga bangga karena PLTU yang dibangun dengan investasi Rp 700 miliar tersebut merupakan pembangkit listrik milik swasta pertama yang dibangun di luar Pulau Jawa.

"Saya salut dengan Bung Dahlan Iskan (Dirut CFK, Red.) yang memeloporinya. Ini contoh yang baik. Jika ada masalah, jangan hanya marah-marah, saling tuding, saling menyalahkan, dan menyerah. Tapi tunjukkan solusinya,” ujarnya.

"Saya tahu, Bung Dahlan ini kalau bicara blak-blakan, apa adanya. Tapi konsekuen bila ingin melakukan sesuatu,” tambah Presiden.

SBY menceritakan, Dahlan pernah frustasi di Kalbar dengan proyek yang sama. Bahkan balik kanan menyerah. “Barangkali ini juga hampir terjadi di Kaltim karena ternyata sejak tahun 2003 mengurus izin, tapi 2006 baru keluar," tandasnya.

Pada saat memberikan sambutan, Dahlan memang menyampaikan persoalan yang dihadapinya dalam mengurus izin proyek listrik ini.

Menurut SBY, lambatnya mengeluarkan izin ini merupakan penyakit yang belum bisa berubah total. "Reformasi banyak mengubah, tapi banyak juga yang belum berubah. Ada istilah kalau bisa dipersulit, kenapa dipermudah. Itulah  penyakit, di pusat dan daerah," imbuhnya.

TENGGARONG – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Embalut - Tanjung Batu, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar), diresmikan Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News