SBY tidak Usulkan AHY, Siapa Cawapres Prabowo?

SBY tidak Usulkan AHY, Siapa Cawapres Prabowo?
Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pertemuan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Prabowo Subianto belum menyepakati nama cawapres yang menjadi pendamping mantan Danjen Kopassus itu di Pilpres 2019.

Ketua DPP Partai Gerindra Nizar Zahro mengatakan, dalam pertemuan itu SBY yang juga ketum Partai Demokrat mendukung Prabowo sebagai capres. Namun, kata dia, dalam pertemuan itu tidak disebutkan siapa nama cawapres pendamping Prabowo.

"Tadi disepakati koalisi dan belum menyebutkan nama cawapres. Yang jelas Pak SBY mendukung Pak Prabowo sebagai capres," kata Nizar, Senin (30/7).

Nizar pun mengamini bahwa SBY tidak mengusulkan nama, termasuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai cawapres kepada Prabowo Subianto. "Pak SBY tidak mengusulkan nama," ujarnya.

Dia mengatakan, persoalan cawapres sudah disepakati untuk diserahkan kepada Prabowo. Nantinya, kata dia, Prabowo akan bersama mitra koalisi lain, seperti PAN, PKS, Demokrat, untuk membahas nama cawapres.

Namun, kata Nizar, sesuai etika dan fatsun politik, disepakati untuk tidak memberikan atau menyebutkan nama-nama tokoh kepada publik terlebih dahulu.

"Sesuai kesepakatan tim kecil Partai Gerindra dan Partai Demokrat, tidak boleh memberikan nama-nama," jelasnya.

Menurut dia, soal nama cawapres nanti akan berkembang. Ketika sudah ada keputusan tentu akan disampaikan kepada publik. "Jadi mohon maaf belum bisa disampaikan sekarang karena ini menyangkut etika dan fatsun politik. Nanti akan berkembang," katanya.

SBY tidak menyodorkan nama AHY sebagai cawapres Prabowo, tim kecil kedua partai juga sepakat tidak akan mengumumkan nama-nama kandidat cawapresterlebih dahulu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News