Seberapa Besar Dampak Endorse Gratis dari Lapak Ganjar untuk UMKM?

Seberapa Besar Dampak Endorse Gratis dari Lapak Ganjar untuk UMKM?
Seberapa Besar Dampak Endorse Gratis dari Lapak Ganjar untuk UMKM?. Foto: Instagram/lapak_ganjar

jpnn.com, JAKARTA - Calon presiden (capres) 2024, Ganjar Pranowo Calon membuktikan komitmennya terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia melalui platform inovatif yang dikenal sebagai Lapak Ganjar.

Program endorse gratis ini pertama kali diluncurkan di Jawa Tengah dan telah berhasil meluas ke beberapa wilayah di luar Jawa Tengah.

"Setiap minggunya, #LapakGanjar hadir dengan tema dan edisi yang berbeda. Dicari UMKM yang mau diendorse di akun @ganjar_pranowo," tulis admin akun @lapak_ganjar di Instagram, dikutip pada Selasa (17/10).

Program ini telah memberikan dorongan baru bagi lebih dari 3.439 bisnis UMKM yang terdaftar, menjangkau 124 Kabupaten Kota, dan mengadakan 136 kali edisi endorsement.

Melalui Lapak Ganjar, UMKM di berbagai daerah telah merasakan lonjakan signifikan dalam permintaan produk mereka.

Contohnya, Asanah dari Kabupaten Pekalongan. Sebelumnya, dia hanya menerima pesanan dari tetangga. Namun, kini menerima pesanan dari luar kota setelah bergabung dengan program ini.

Begitu pula dengan Rudi Ningrat, pemilik Tribal Cloth, yang mengalami peningkatan pesat dalam usahanya setelah memanfaatkan Lapak Ganjar untuk mempromosikan produknya.

Program ini tidak hanya memberikan dampak positif pada UMKM di Jawa Tengah, tetapi di daerah lain seperti Malang dan Klaten.

Ganjar Pranowo Calon membuktikan komitmennya terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia melalui Lapak Ganjar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News