Sedulur Sandi Beri Pelatihan Khusus, Dorong UMKM di Tegal Go International

Sedulur Sandi Beri Pelatihan Khusus, Dorong UMKM di Tegal Go International
Sedulur Sandi di sela pelatihan UMKM Tegal. Foto: dok Sedulur Sandi

jpnn.com, TEGAL - Ratusan sukarelawan yang tergabung dalam Sedulur Sandi memberikan pelatihan tips kewirausahaan pembuatan makanan rumahan.

Pelatihan yang diberikan berupa pembuatan kroket kentang hingga membimbing pemilihan packaging produk.

Ketua Umum Sedulur Sandi Tegal, Bayu Aji menjelaskan kegiatan pelatihan ini dilakukan untuk mendorong pelaku UMKM Tegal agar berinovasi sehingga, produk khas daerah bisa go internasional.

"Kegiatan hari ini kami memberikan pelatihan pembuatan produk makanan dan pembacaan deklarasi," kata Bayu di Sanggar Enthus, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

"Pada pelatihan ini, kami mengajarkan inovasi kepada pelaku UMKM Tegal dalam membuat produk makanan kering maupun makanan basah untuk dijual serta di promosikan ke daerah-daerah," sambungnya.

Bayu menyampaikan program pelatihan ini akan terus diadakan untuk mendorong perekonomian daerah.

"Kami akan terus mengadakan pelatihan-pelatihan kepada pelaku UMKM di Kabupaten Tegal serta mengajarkan tips berwirausaha," ucap Bayu.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM bernama Rini Sumiyati mengatakan Sandiaga Uno adalah figur yang dicari oleh masyarakat Indonesia.

Ratusan sukarelawan yang tergabung dalam Sedulur Sandi mendeklarasi dukung Sandiaga Uno yang telah banyak berjasa membangkitkan UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News