Sejumlah Nama Hilang di Dakwaan Setnov, Publik Diminta Sabar

Sejumlah Nama Hilang di Dakwaan Setnov, Publik Diminta Sabar
Juru bicara KPK, Febri Diansyah. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Protes kuasa hukum Setya Novanto, Maqdir Ismail, terkait hilangnya nama sejumlah politisi dalam surat dakwaan ketua DPR non aktif itu mendapat tanggapan KPK.

KPK meminta publik untuk bersabar terkait hilangnya sebagian nama anggota DPR periode 2009-2014 dalam surat dakwaan Setnov.

Proses penanganan megakorupsi bagi-bagi uang proyek e-KTP itu tetap terus berjalan. ”Penanganan (kasus) e-KTP ini pasti tidak akan sebentar,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, kemarin (15/12).

Febri menjelaskan, banyak pihak yang diuntungkan dalam korupsi berjamaah e-KTP dengan kerugian Rp 2,3 triliun itu.

Bukan hanya para politisi, tapi juga kluster korporasi dan pemerintah. Keterlibatan mereka harus dicermati satu persatu.

”Kami butuh energi yang cukup stabil dan panjang agar penanganan kasus-kasus korupsi dengan skala kerugian yang besar bisa ditangani,” jelasnya.

Dalam dakwaan Setnov, KPK membeber banyak pihak yang dianggap diuntungkan dari korupsi proyek e-KTP tahun anggaran 2011-2012.

Dari kelompok pemerintah, KPK menyebut beberapa nama yang sebelumnya juga disebut dalam dakwaan dan tuntutan Irman dan Sugiharto serta Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Terkait hilangnya sejumlah nama politisi di dakwaan Setya Novanto, Febri Diansyah mengatakan, KPK butuh energi dan waktu untuk mengusut korupsi skala besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News