Sejumlah Tokoh Muda Dukung Pemerintah Bubarkan Ormas Radikal

Sejumlah Tokoh Muda Dukung Pemerintah Bubarkan Ormas Radikal
Delarasi Forum Nasional Bhinneka Tunggal Ika di Utan Kayu, Jakarta Timur, Jumat (2/6). Foto: Ken Girsang/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah tokoh muda berkumpul membentuk Forum Nasional Bhinneka Tunggal Ika di Utan Kayu, Jakarta Timur, Jumat (2/6).

Forum dibentuk sebagai wujud kepedulian menyikapi maraknya aksi intoleransi dan radikalisme di Tanah Air belakangan ini.

"Kami mengutuk segala bentuk tindakan radikalisme yang mengatasnamakan agama apa pun. Kami juga meminta agar aparat hukum segera mengambil tindakan terhadap hal-hal tersebut," ujar Ketua Fornas Bhinneka Tunggal Ika Syaiful Rohim, Jumat petang.

Selain meminta aparat bertindak tegas, kata Syaiful, Fornas juga siap bekerja sama dengan pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah, untuk membumikan Pancasila di tengah-tengah masyarakat.

Dengan demikian setiap upaya yang ingin menggoyang keutuhan NKRI tidak akan mendapat tempat di tengah masyarakat.

"Kami juga mendukung keputusan pemerintah membubarkan organisasi kemasyarakatan (ormas) radikal, intoleran, serta kelompok-kelompok yang berniat mengganti Pancasila, UUD 1945, dan NKRI," ucap Syaiful.

Sekretaris Nasional Fornas Bhineka Tunggal Ika Taufan Hunneman mengatakan, forum didirikan oleh orang-orang dari beragam suku, agama dan ras dengan berbagai profesi serta latar belakang.

Sejauh ini 18 simpul wilayah telah terbentuk. Antara lain di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Bogor, Bandung, Depok dan Bekasi.

Sejumlah tokoh muda berkumpul membentuk Forum Nasional Bhinneka Tunggal Ika di Utan Kayu, Jakarta Timur, Jumat (2/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News