Sekali Pipis Rp 2000, Keran Airnya Kadang Mampat

Sekali Pipis Rp 2000, Keran Airnya Kadang Mampat
Ilustrasi. Foto: Pixabay

jpnn.com, KENDAL - Para pemilik toilet umum di jalur arus balik Kendal, Jawa Tengah panen rezeki. Bayangkan, kebanyakan toilet di sini mengenakan tarif Rp 2.000 sekali pipis. Tidak peduli anak kecil atau orang besar.

Bila satu keluarga ada lima orang, penjaga toilet bisa mendapatkan Rp 10.000. Jika yang menggunakan toilet lebih dari 100 orang, bisa dibayangkan berapa keuntungannya.

Sayangnya‎, tidak semua pemilik toilet umum menawarkan fasilitas nyaman dan memadai. Ada beberapa yang fasilitasnya minim, terutama karena keran airnya yang mampat (mampet). Ada pula yang airnya lancar, tapi kondisi toiletnya jorok. Hanya sedikit yang memerhatikan kebersihan.

Ini sangat disayangkan masyarakat pengguna toilet. Mestinya, pemilik toilet tidak hanya mau uangnya, tapi juga menjaga kebersihan serta ketersediaan air.

"Ini toiletnya sih bersih cuma airnya kecil banget. Susah juga kalau airnya sedikit," keluh Sulistiyah, pemudik asal Bojonegoro yang berprofesi sebagai bidan, Sabtu (1/7). (esy/jpnn)


Para pemilik toilet umum di jalur arus balik Kendal, Jawa Tengah panen rezeki. Bayangkan, kebanyakan toilet di sini mengenakan tarif Rp 2.000 sekali


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News