Sekitar Situ Dilakukan Sterilisasi Pemukiman

Sekitar Situ Dilakukan Sterilisasi Pemukiman
Sekitar Situ Dilakukan Sterilisasi Pemukiman
TANGSEL - Mengantisipasi bencana yang disebabkan jebolnya tanggul di 11 situ di Kota Tangsel. Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Kota Tangsel berencana mensterilkan seluruh bangunan yang ada di sekitar 11 situ di wilayah itu. Lantaran, 11 Situ yang ada di sana kondisinya kritis dan dikhawatirkan membawa bencana saat musim penghujan ini.

Kepala BPB Kota Tangsel, Rahmat Salam menyatakan pihaknya saat ini sedang melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna melakukan sterilisasi pemukiman warga di sekitar 11 situ tersebut. "Ini untuk mengantisipasi bencana," terangnya kepada Indopos (grup JPNN) kemarin (18/1). Apalagi, merujuk edaran pemerintah pusat, BPB tidak hanya bergerak setelah bencana terjadi. Namun, dapat juga melakukan tindakan pencegahan.

"Analoginya, BPB jangan hanya beli perahu karet untuk digunakan setelah bencana. Tapi juga harus mampu melakukan tindakan antisipasi sebelum peristiwa terjadi. Salah satunya dengan melakukan pembongkaran pemukiman yang berdekatan dengan situ," ungkapnya juga.

Apalagi, kata Rahmat juga, setelah dibentuknya BPB Kota Tangsel, maka dana penanggulangan bencana yang dianggarkan dari pemerintah pusat untuk penanggulangan ancaman bencana Rp 26 miliar sudah dicairkan. "Dana itu dianggarkan pemerintah pusat untuk penanggulangan bencana Rp 26 miliar pada 2010 lalu," cetusnya juga.

TANGSEL - Mengantisipasi bencana yang disebabkan jebolnya tanggul di 11 situ di Kota Tangsel. Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Kota Tangsel berencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News