Sekjen PDIP Yakin Jokowi Pasti Ambil Keputusan Terbaik Soal Dewas KPK

Sekjen PDIP Yakin Jokowi Pasti Ambil Keputusan Terbaik Soal Dewas KPK
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pelantikan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK akan digelar bersamaan pada pertengahan Desember 2019.

Hingga kini, belum ada satu pun nama yang diketahui untuk disetujui Presiden Joko Widodo alias menjadi anggota maupun ketua Dewas KPK.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku yakin Jokowi akan mengambil keputusan terbaik dalam memilih anggota dan ketua Dewas KPK.

“Dewas KPK ranah eksekutif sehingga kami tahu Pak Jokowi akan mengambil keputusan terbaik,” kata Hasto di kantor DPP PDI Perjuangan di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (11/12).

Menurut dia, dengan kewenangan yang begitu besar dan tanggung jawab menegakkan hukum berdasar prinsip keadilan dan kemanusiaan, maka tidak boleh ada intervenasi kepentingan politik terhadap KPK.

“Oleh karena itu kami percayakan kepada Bapak Presiden,” tegas politikus asal Yogyakarta itu.

Hasto juga mengaku tidak tahu siapa saja yang akan ditunjuk Jokowi menjadi anggota dan ketua Dewas KPK. Menurut dia, berdasar perintah Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK, presiden diberikan kewenangan untuk mengangkat anggota dan ketua Dewas KPK untuk periode pertama nanti.

“Kami tidak tahu karena itu ranah dan kewenangan yang diberikan UU KPK hasil revisi kepada presiden,” katanya.

Pelantikan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK akan digelar bersamaan pada pertengahan Desember 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News