Senin, 27 Mei 2019 – 06:07 WIB

Sekolah Cina Kembangkan Seragam Pintar untuk Siswa-siswi

Senin, 31 Desember 2018 – 21:01 WIB
Sekolah Cina Kembangkan Seragam Pintar untuk Siswa-siswi - JPNN.COM

jpnn.com - Perkembangan teknologi di negeri Cina memangtidak bisa dipandang sebelah mata. Baru-baru ini, sekolah di Cina telah menciptakan seragam pintar untuk siswa agar dapat melacak keberadaan siswa-siswi mereka.

Teknologi yang disebut smart uniform telah dilengkapi chip. Melansir The Verge (31/12), smart uniform digunakan untuk mendorong tingkat kehadiran yang lebih baik dan juga melacak keberadaan siswa.

Jadi, setiap seragam yang digunakan siswa memiliki dua keping chip di bahu untuk melacak kapan dan di mana siswa masuk atau ke luar sekolah.

Ditambah lagi dengan software pengenal wajah di pintu masuk akan membantu mengidentifikasi siswa yang menggunakan smart uniform. Bila siswa mencoba pergi selama jam sekolah, maka alarm akan berbunyi.

Menurut Guizhou Guanyu Technology Company, seragam pintar itu bisa dicuci hingga 500 kali dan bisa bertahan hingga 150 derajat Celcius. Bukan hanya itu, chip dalam seragam itu juga dapat mendeteksi saat seorang siswa tidur di kelas.

Chip juga memungkinkan siswa untuk melakukan pembayaran menggunakan pengenalan wajah atau sidik jari tambahan untuk mengonfirmasi pembelian.

Saat ini, seragam pintar itu telah digunakan di 10 sekolah di wilayah Provinsi Guizhou, Cina. Selain itu seragam tersebut juga telah digunakan selama lebih dari 800 siswa di sekolahnya mengenakan seragam pintar sejak 2016. (mg9/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar