Sekolahkan Anak-anak Teroris, BNPT Gandeng 3 Kementerian

Sekolahkan Anak-anak Teroris, BNPT Gandeng 3 Kementerian
Kepala Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT), Suhardi Alius saat dilantik Presiden Jokowi. FOTO: Humas Kepresidenan

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT), Suhardi Alius mengatakan akan menggalang kekuatan riil untuk secara bersama-sama merangkul putra dan putri anak-anak teroris.

"Sebagai leading sector, BNPT wajib mensinerjikan, mengkoordinasikan dan mengintegrasikan berbagai kementerian dan lembaga negara yang ada korelasinya untuk secara bersama-sama merangkul putra dan putri anak-anak teroris," kata Suhardi, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (21/7).

Sebagai langkah awal lanjutnya, selaku pimpinan BNPT, Suhardi segera mendatangi kementerian dan lembaga negara terkait untuk bersatu-padu merangkul anak-anak teroris.

"Mereka jangan dimarjinalkan, Negara harus merangkul dan menyekolahkannya. Kalau kita bersatu merangkul anak-anak teroris, mudah-mudahan bisa jadi hal positif untuk menangkal radikalisme di Tanah Air," tegas mantan Kepala Bareskrim Mabes Polri itu.

Untuk saat ini lanjutnya, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) ada tiga kementerian yang harus bersinerji untuk mendukung program tersebut. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan misalnya ujarnya Suhardi, punya kewenangan untuk mengurus pendidikan anak-anak teroris.

"Demikian juga halnya dengan Kementerian Agama dan Kementerian Sosial. Jadi BNPT tidak akan jalan sendirian merangkul anak-anak terorisme ini untuk mempersiapkan masa depan mereka menjadi lebih baik," pungkasnya.(fas/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News