Sektor Ekonomi Mikro Butuh Perhatian

Sektor Ekonomi Mikro Butuh Perhatian
Sektor Ekonomi Mikro Butuh Perhatian
KLARI-Sektor mikro ekonomi teruji mampu bertahan meski negara dilanda krisis ekonomi tahun  1997-1998 dibanding sektor lainnya seperti industri manufaktur, properti termasuk perbankan.

Ini disebabkan, sektor mikro ekonomi hampir tidak terpengaruh fluktuasi nilai tukar rupiah-dollar. Namun, kadang sektor ini luput dari perhatian pemerintah termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang.

Demikian diungkapkan praktisi ekonomi dan dosen Mata Kuliah Mikro Ekonomi FE Unsika, H. Dedi Sudrajat S.P, MM kepada Pasundan Ekspres (Grup JPNN). Menurutnya, sektor mikro ekonomi yang dianggap mampu bertahan ditengah badai krisis ekonomi ini masih belum disentuh secara khusus oleh swasta maupun pemerintah.

Dikatakan, berdasarkan data Terpadu Program Perlindungan Sosial bulan Maret 2012 lalu, dari total jumlah penduduk Karawang yang mencapai angka 2 juta lebih, tercatat pengusaha di sektor mikro ekonomi untuk pekerjaan primer ada 9.975 orang atau 0,45 persen. “Angka ini masih sangat jauh dari angka ideal negara maju, yaitu 2 persen dari jumlah total penduduknya  adalah pelaku ekonomi mikro atau usahawan,” katanya.

KLARI-Sektor mikro ekonomi teruji mampu bertahan meski negara dilanda krisis ekonomi tahun  1997-1998 dibanding sektor lainnya seperti industri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News