Selamatkan TKI Wilfrida, Menakertrans Ikut Terbang ke Malaysia

Selamatkan TKI Wilfrida, Menakertrans Ikut Terbang ke Malaysia
Selamatkan TKI Wilfrida, Menakertrans Ikut Terbang ke Malaysia

jpnn.com - JAKARTA - Hari ini Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar ikut turun tangan melakukan lawatan ke Kuala Lumpur guna melakukan diplomasi dengan pemerintah Malaysia untuk mengupayakan pembebasan TKI Wilfrida Soik, yang terancam hukuman mati.

Muhaimin mengatakan agenda utama dalam kunjungan kerjanya ke Malaysia kali ini untuk memberikan dukungan maksimal agar persidangan hukum terhadap TKI Wilfrida di Pengadilan Malaysia dapat berjalan dengan objektif dan adil.

Selama di berada Malaysia, Muhaimin diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Dalam Negeri Malaysia. Selain membicarakan kasus Wilfrida, dalam pertemuan itupun dibahas mengenai berbagai permasalahan terkait penempatan dan perlindungan TKI yang bekerja di Malaysia.

“Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk  menyelamatkan Wilfrida. Selain melakukan pembelaan hukum secara maksimal, kita pun melakukan langkah pendekatan diplomatik secara bilateral untuk membebaskan Wilfrida," kata Muhaimin sebelum bertolak ke KL, Kamis (26/9) pagi.

Muhaimin mengatakan langkah pendekatan diplomasi dengan pemerintah Malaysia harus dilakukan untuk membebaskan Wilfrida dari ancaman hukuman. Diplomasi antar kedua negara ini penting untuk memberikan keadilan bagi Wilfrida.

Selama ini, Kata Muhaimin  pihak Kemnakertrans terus berkoordinasi dengan Kemenlu melalui KBRI Kuala Lumpur untuk memberikan pendampingan dan bantuan hukum dengan menyediakan tim pengacara yang andal dan berkompeten.

“Sejak awal Tim pengacara saudah mendampingi dan mengawal proses persidangan dengan optimal. Mereka terus berusaha keras mencari bukti-bukti hukum yang kuat sebagai terobosan meringankan dan membebaskan Wilfrida dari ancaman hukuman mati, “ kata Muhaimin.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itupun berharap dalam kasus Wilfrida ini, pengadilan Malaysia mempertimbangkan status Wlfrida yang sebenarnya merupakan korban perdagangan manusia (trafficking) yang semestinya mendapatkan perlindungan.

JAKARTA - Hari ini Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar ikut turun tangan melakukan lawatan ke Kuala Lumpur guna melakukan diplomasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News