Sembuh dari COVID-19, Doni Monardo Donor Plasma Konvalesen di PMI DKI

Sembuh dari COVID-19, Doni Monardo Donor Plasma Konvalesen di PMI DKI
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo tengah melakukan donor plasma konvalesen, Senin. (ANTARA/HO/Satgas COVID-19)

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Doni Monardo menjalani donor plasma konvalesen untuk membantu pasien yang sedang berjuang sembuh dari COVID-19. Donor dilakukan Doni setelah 17 hari dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona.

Ketua Satuan tugas Penanganan COVID-19 tersebut mendonorkan plasma konvalesen di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat pada Senin (1/3).

Saat tiba di lokasi, Doni diterima Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat Linda Lukitari Waseso. Mantan Danjen Kopassus itu memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mendonorkan plasma konvalesen.

"Sebagai penyintas, mendonorkan plasma konvalesen merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah sembuh. Mudah-mudahan apa yang saya lakukan ini bisa meringankan pasien yang tengah berjuang untuk sembuh,” tutur Doni dalam keterangan resminya kepada awak media, Senin (1/4).

Diketahui Doni dinyatakan positif COVID-19 pada 23 Januari 2021 setelah memimpin penanggulangan korban gempa bumi di Sulawesi Barat, dan banjir di Kalimantan Selatan. Dia menjalani perawatan selama 20 hari sebelum hasil negatif uji usap PCR pada 12 Februari.

Sesuai ketentuan, penyintas Covid-19 yang memenuhi syarat bisa melakukan donor plasma konvalesen setelah sembuh 14 hari hingga tiga bulan. Doni berharap para penyintas lain yang telah sembuh dalam tiga bulan terakhir ini makin banyak tergerak melakukan hal serupa.

“Terapi plasma ini menjanjikan kesembuhan tinggi, saat ini sulit mencari pendonor dari para penyintas Covid-19. Oleh karena itu bersama PMI, Satgas telah menjadikan donor konvalesen sebagai gerakan nasional," ungkap Doni.

Pemerintah dan PMI sejak Januari 2021 telah mencanangkan gerakan nasional donor plasma konvalesen. Para calon donor bisa mendaftarkan diri melalui situs plasmakonvalesen.covid19.go.id, aplikasi Ayo Donor PMI, dan dapat menghubungi call center di nomor 117 ekstensi 5.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo donorkan plasma konvalesen di kantor PMI DKI Jakarta, Senin (1/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News