Semoga Buruh Indonesia Makin Sejahtera Lahir Batin

Semoga Buruh Indonesia Makin Sejahtera Lahir Batin
Massa Buruh dari berbagai serikat menggelar aksi demo dalam rangka Hari Buruh atau May Day 2018 di Silang Monas, Jakarta, Selasa (1/5). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati mengatakan, peringatan hari buruh menjadi momentum yang tepat untuk melakukan introspeksi atas persoalan ketenagakerjaan di Indonesia.

"Saya menyampaikan secara tulus Selamat Hari Buruh Internasional. Semoga buruh dan pekerja di Indonesia semakin sejahtera lahir dan batin demi masa depan keluarga yang lebih baik," kata Okky, Selasa (1/5).

Okky menjelaskan polemik soal tenaga kerja asing (TKA) menjadi hal krusial di peringatan hari buruh. Sikap defensif pemerintah, serta temuan Ombudsman RI, mengungkap sisi lain soal TKA.

"Poinnya memang ada persoalan di TKA di Indonesia," tegasnya.

Okky berharap pemerintah segera menindaklanjuti temuan ORI tersebut. Tindak tegas siapa saja yang terlibat dalam proses masuknya TKA ilegal. "Ini soal kedaulatan NKRI dan kedaulatan buruh Indonesia," katanya.

Okky menambahkan masalah pengawasan ketenagakerjaan perlu ditingkatkan khususnya terhadap perusahaan-perusahaan maupun proyek-proyek. Tetapi, juga menyangkut keselamatan dan kesehatan kerja (K3), jaminan sosial bagi pekerja, dan pengawasan terhadap pekerja anak.

Terkait pengawasan ini dinas tenaga kerja di provinsi harus proaktif melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota. "Karena pemerintah provinsi yang bisa memberikan law enforcement," ungkapnya.

Lebih lanjut Okky menuturkan, pengaturan TKA melalui Perpres 20/2018 harus dipastikan ada proses transfer knowledge antara asing dengan pekerja Indonesia. "Karena esensi dibolehkannya TKA ke Indonesia agar terjadi proses alih pengetahuan," katanya.

Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati mengatakan, peringatan hari buruh menjadi momentum yang tepat untuk melakukan introspeksi atas persoalan ketenagakerjaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News