Semua Ketua Fraksi Kompak Tolak Pengerahan Massa

Semua Ketua Fraksi Kompak Tolak Pengerahan Massa
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kabupaten Batang, Jawa Tengah, termasuk salah satu daerah yang menggelar pilkada 15 Februari 2017.

Fraksi-fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Batang meminta semua pihak untuk menahan diri dan menjaga suasana kondusif memasuki masa tenang yang akan dimulai 12 Februari.

Hal itu salah satunya bisa dilakukan dengan tidak melakukan pengerahan massa ataupun menggelar kegiatan yang melibatkan orang dalam jumlah besar di tempat publik.

Pasalnya, hal itu rawan dimanfaatkan atau didomplengi untuk kepentingan politik, ataupun rawan terjadi gesekan diantara pendukung Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati.

"Semua pihak kami harapkan bisa menahan diri. Jangan ada pengerahan massa dengan dalih apapun pada masa tenang nanti. Mari jaga kondusifitas Kabupaten Batang ini agar tetap damai dan tenang seperti selama ini," ujar Ketua Fraksi PDI-P Perjuangan DPRD Batang, Tofani Dwi Arianto, kemarin.

Tofani menjelaskan, pemerintah maupun Kapolri dan juga pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta Komisi Pemilihaan Umum (KPU) telah dengan tegas menyatakan agar tidak ada pengerahan massa di masa tenang.

Bahkan pihak kepolisian siap mengambil tindakan tegas bila ada pihak-pihak yang tetap bersikeras melakukannya, termasuk adanya ancaman pidana bila memang ditemukan adanya indikasi kampanye ataupun menjurus ke hal-hal yang bisa menimbun gesekan.

"Pemerintah, Kapolri, Bawaslu Pusat dan juga KPU Pusat sudah dengan tegas meminta tidak adanya pengerahan massa, jadi jajaran yang ada di bawahnya juga harus bisa dengan tegas melaksanakan instruksi tersebut," jelas Tofani yang diamini Ketua Fraksi PPP, Nur Faizin.

Kabupaten Batang, Jawa Tengah, termasuk salah satu daerah yang menggelar pilkada 15 Februari 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News