Sabtu, 23 Juni 2018 – 19:20 WIB

Krisis Nuklir Korea

Senyum Palsu Kim Jong-un di Depan Delegasi Korsel

Rabu, 07 Maret 2018 – 17:38 WIB
Senyum Palsu Kim Jong-un di Depan Delegasi Korsel - JPNN.COM

jpnn.com, SEOUL - Wajah Kim Jong-un semringah. Pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) itu melepas senyum hingga memperlihatkan barisan giginya yang rapi. Dia pun menjabat tangan Chung Eui-yong. Erat.

Momen langka itu terjadi di markas utama Partai Pekerja Korut di Kota Pyongyang pada Senin petang waktu setempat (5/3). Untuk kali pertama sejak lebih dari satu dekade terakhir, delegasi Korea Selatan (Korsel) yang terdiri atas 10 pejabat papan atas menginjakkan kaki di ibu kota Korut.

Dipimpin Chung, utusan Presiden Moon Jae-in itu ditemui langsung oleh Jong-un. Putra mendiang pemimpin Korut Kim Jong-il tersebut menyambut tamu-tamu kehormatannya bersama sang adik, Kim Yo-jong.

’’Mendengar dari delegasi selatan (Korsel) tentang rencana Presiden Moon Jae-in untuk menggelar pertemuan tingkat tinggi, (Kim Jong-un) menanggapinya dengan positif dan menyambut baik wacana tersebut.’’ Begitulah laporan tertulis kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA), sebagaimana dilansir situs Korut, koreajoongangdaily, kemarin, Selasa (6/3).

Senin petang itu, Chung dan rombongannya lebih dulu menggelar pertemuan tertutup dengan para pejabat Korut. Di salah satu ruangan, mereka saling berhadapan di sebuah meja kotak.

Hubungan dua Korea menjadi agenda utama. ’’Ada diskusi tentang nuklir juga,’’ kata seorang pejabat Korut kepada CNN.

Setelah pertemuan formal itu, delegasi Korsel bergeser ke ruang makan. Di sana, Jong-un sudah menanti. Kepada pemimpin 35 tahun tersebut, Chung menyampaikan surat dari Moon.

Tepat pukul 18.00 waktu setempat, jamuan makan malam dimulai. Sambil menyantap hidangan, Jong-un dan orang-orang kepercayaannya berbincang dengan 10 utusan Korsel tersebut.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar