Separuh APBD Tak Terserap

Separuh APBD Tak Terserap
Separuh APBD Tak Terserap
TENGGARONG - Target realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kukar tahun ini, bakal meleset. Sejatinya pada Oktober lalu, APBD sudah terserap Rp 3,2 triliun lebih. Namun hingga akhir November ini, angaran baru terserap sekitar Rp 2,3 triliun.

 

Kepala Sub Bagian Keuangan Pemkab Kukar, Taufik mengatakan bahwa baru sekitar setengah dari APBD Kukar 2011 mecapai Rp 4,7 triliun  yang bisa terserap. "Apa gak pusing kepala. Seharusnya Oktober APBD sudah terserap sekira Rp 3,2 triliun, tapi ini baru separuhnya," ungkapnya ketika ditemui Kaltim Post (JPNN Grup).

Dia menjelaskan, hampir seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kukar tidak memenuhi Rencana Target Anggaran (RKA). Anggaran terbanyak tak terserap di Dinas Pendidikan (Disdik) Kukar dan Dinas Pekerjaan Umum (PU). "Dua instansi ini biasanya banyak sisa anggarannya. Jadi, terjadi silfa (sisa lebih penggunaan anggaran)," ucapnya.

  

Sisa lebih anggaran itu tak terpakai pada berbagai proyek fisik dan nonfisik. "Disdik, proyek fisiknya juga banyak. Jadi fisik tak hanya di Dinas PU," terangnya.

TENGGARONG - Target realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kukar tahun ini, bakal meleset. Sejatinya pada Oktober lalu, APBD sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News