Sepeda Jadi Angkutan Baru Di New York

Sepeda Jadi Angkutan Baru Di New York
Sepeda Jadi Angkutan Baru Di New York
BULAN ini, New York akan memiliki sistem transportasi baru berbahan bakar genjot. Ya, bakal ada sepeda kayuh sebagai sarana transportasi. Belum resmi diluncurkan, sarana transportasi itu sudah memantik protes. Sebab, orang gendut dengan berat di atas 260 pound atau 130 kilogram dilarang naik sepeda umum tersebut.

’’Ini enggak adil! Diskriminasi. Walaupun gendut, sepeda itu tidak mungkin patah kalau saya menaikinya,’’ gerutu Juleissy Lantigua, 19, sebagaimana dikutip New York Post.

Sistem bernama ’’Bike-Share’’ itu sebenarnya apik. Ada enam ribu sepeda yang disebar di 330 stasiun di Manhattan dan Brooklyn bulan ini. Rencananya, sepeda akan dikembangkan hingga 10 ribu dan stasiun menjadi 600. Kalau sudah diluncurkan, sepeda itu bisa disewa dari satu stasiun lalu orang-orang bisa meng-gowes sepeda itu ke mana pun, lalu mengembalikannya ke stasiun yang terdekat dengan tujuannya.

Tapi, ya itu. Aturannya, yang gendut tidak boleh menggenjot sepeda tersebut. ’’Sebab, sepeda itu memiliki batasan bobot. Limit-nya bergantung pada kekuatan komponen setiap sepeda,’’ papar Brendon Nicholas dari Silk Road Cycles di Brooklyn.

BULAN ini, New York akan memiliki sistem transportasi baru berbahan bakar genjot. Ya, bakal ada sepeda kayuh sebagai sarana transportasi. Belum resmi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News