Kedua Kubu Klaim Menang

Kedua Kubu Klaim Menang
Kedua Kubu Klaim Menang
KUALA LUMPUR--Rakyat Malaysia telah menentukan pilihannya terhadap calon pemimpin mereka lima tahun ke depan. Minggu (5/5) jutaan rakyat negeri jiran itu mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pemilihan Raya (Pemilu) Ke-13. Meski demikian, hasil penghitungan final baru akan keluar hari ini.

Berdasar penghitungan sementara yang dilakukan Suruhanjaya Pemilihan Raya (SPR) sebagai penyelenggara pemilu di Malaysia, persaingan perolehan kursi oposisi dan incumbent untuk parlemen pusat masih berlangsung seru. Kedua kubu sama-sama mengklaim kemenangan. Perolehan kursi juga saling kejar.

Lama penghitungan pemilihan raya di Malaysia tidak selama di Indonesia. Selain karena jumlah pemilihnya tidak sebesar di tanah air, sistem pemilihan dan penghitungannya pun lebih simpel.

Pemilih hanya memilih di antara tiga pilihan, yaitu koalisi partai oposisi (Pakatan Rakyat), koalisi Barisan Nasional, dan independen. Penghitungan satu per satu kartu suara juga tidak dilakukan secara terbuka.

KUALA LUMPUR--Rakyat Malaysia telah menentukan pilihannya terhadap calon pemimpin mereka lima tahun ke depan. Minggu (5/5) jutaan rakyat negeri jiran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News