Setahun, 182 Ribu Pejabat Kena Sanksi Korup

Setahun, 182 Ribu Pejabat Kena Sanksi Korup
Setahun, 182 Ribu Pejabat Kena Sanksi Korup

jpnn.com - BEIJING--Partai Komunis Tiongkok (PKT) membuktikan ketajaman tajinya dalam memerangi korupsi. Selama 2013, partai yang berkuasa di pemerintahan itu telah menjatuhkan sanksi kepada lebih dari 182.000 pejabatnya yang korup. Hal tersebut merupakan prestasi terbesar PKT dalam memberantas korupsi.

Dalam perang besarnya terhadap korupsi, PKT memberdayakan lembaga-lembaga antikorupsi di seluruh wilayah, baik yang berada di pusat maupun daerah. Selama setahun, lembaga-lembaga tersebut menerima sedikitnya 1,95 juta laporan terkait dengan korupsi.

"Dari laporan yang masuk, kami sukses menyelidiki 172.532 kasus," terang Huang Shuxian, wakil ketua Komisi Pusat Inspeksi Disiplin PKT.

PKT berhasil menahan dan memeriksa sekitar ratusan ribu pejabat di tingkat pusat dan daerah. "Hasilnya, sebanyak 182.038 pejabat dijatuhi sanksi dengan jenis yang beragam. Mulai dari peringatan semata sampai pemecatan," tuturnya. Mereka yang terbukti melakukan korupsi, lanjut dia, kemudian diserahkan ke pihak berwajib untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

PKT gencar memerangi korupsi sejak Tiongkok berada di bawah komando Xi Jinping. Presiden yang menggantikan Hu Jintao tersebut memang dikenal sebagai sosok yang membumi, namun tegas. Terutama mengenai korupsi. Xi bertekad untuk membersihkan partai dan pemerintahannya dari pejabat yang korup. Tanpa pandang bulu, dia menarget pejabat tinggi dan rendah yang melakukan praktik kotor tersebut. (AFP/hep/c18/tia)


BEIJING--Partai Komunis Tiongkok (PKT) membuktikan ketajaman tajinya dalam memerangi korupsi. Selama 2013, partai yang berkuasa di pemerintahan itu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News