Pabrik Kimia Meledak, Lima Tewas

Pabrik Kimia Meledak, Lima Tewas
Pabrik Kimia Meledak, Lima Tewas

jpnn.com - TOKYO - Suara ledakan memantik kepanikan warga Kota Yokkaichi, Prefektur Mie, Jepang, kemarin (9/1). Mereka lantas mencari sumber suara. Ternyata, ledakan itu berasal dari pabrik kimia milik Mitsubishi Materials Corp.

Ledakan kuat tersebut merenggut nyawa lima orang pekerja dan melukai 17 yang lain. "Diduga, ledakan itu berasal dari reaksi kimia yang melibatkan gas hidrogen pada pabrik kimia dan baja tersebut," kata seorang penyidik dari kepolisian.

Tapi, penyebab pasti ledakan yang menggemparkan penduduk di kota kecil sebelah barat ibu kota Jepang tersebut belum diketahui. Polisi masih melakukan penyelidikan di lokasi kejadian dan menginterogasi sejumlah saksi.

Salah seorang sumber menyatakan bahwa ledakan itu terjadi saat pekerja pabrik membersihkan beberapa peranti pengolah panas di pabrik silikon. Kemarin sore, pabrik silikon memang sedang stop berproduksi karena Mitsubishi Materials Corp melakukan perawatan di sana. ''Seluruh korban adalah pekerja pabrik,'' kata sumber dari kepolisian yang tidak mau menyebutkan namanya tersebut.

Kemarin tim penyelamat telah mengevakuasi lima mayat dari pabrik. Sebanyak 17 pekerja yang terluka langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Sembilan orang hanya menderita luka ringan," terang jubir Kepolisian Mie. Dia mengungkapkan bahwa meski ledakan terdengar sangat keras, kebakaran tidak sampai terjadi di pabrik tersebut. (AP/AFP/BBC/hep/c16/tia)


TOKYO - Suara ledakan memantik kepanikan warga Kota Yokkaichi, Prefektur Mie, Jepang, kemarin (9/1). Mereka lantas mencari sumber suara. Ternyata,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News