Setelah 14 Tahun, Indonesia Kembali Jadi Target Investasi Dunia

Setelah 14 Tahun, Indonesia Kembali Jadi Target Investasi Dunia
Setelah 14 Tahun, Indonesia Kembali Jadi Target Investasi Dunia
JAKARTA - Menutup tahun 2011, Indonesia mendapat kabar baik. Setelah 14 tahun pascakrisis ekonomi 1997 lalu, Indonesia akhirnya kembali meraih peringkat investasi (investment grade) dari lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings.

Rating Indonesia meningkat dari BB+ menjadi BBB- yang berarti termasuk kategori negara layak investasi. Indonesia pernah kehilangan peringkat investasi pada 1997, saat dihantam krisis moneter yang diikuti pergantian rezim pemerintahan.

"Ini merupakan kabar baik bagi rakyat Indonesia. Kita tidak bisa menilai diri kita sendiri, tapi lembaga rating dunia kredibel mengembalikan apa yang pernah kita miliki sejak 14 tahun lalu," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kantor Presiden, Jumat (16/12).

Kenaikan peringkat ini dinilai dari beberapa indikator.  Pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 6 persen dianggap kuat dan memiliki daya tahan di tengah krisis yang melanda dunia. Indonesia juga dinilai mampu mengurangi rasio utang terhadap GDP dan memiliki kebijakan melindungi ekonomi yang baik bila terjadi krisis.

JAKARTA - Menutup tahun 2011, Indonesia mendapat kabar baik. Setelah 14 tahun pascakrisis ekonomi 1997 lalu, Indonesia akhirnya kembali meraih peringkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News