Kamis, 13 Desember 2018 – 04:39 WIB

Setelah Kekeringan Panjang Hujan Mulai Mengguyur Sydney dan NSW

Jumat, 05 Oktober 2018 – 08:00 WIB
Setelah Kekeringan Panjang Hujan Mulai Mengguyur Sydney dan NSW - JPNN.COM

Hujan lebat diperkirakan akan terus mengguyur Sydney hari Jumat (5/10/2018) yang dimulai malam sebelumnya, sementara para petani yang berada di kawasan New South Wales yang sebelummya mengalami kekeringan merayakan datangnya hujan.

Menurut Biro Meteorologi (BOM) beberapa kawasan di kota Sydney diguyur sedikitnya 70mm curah hujan, termasuk di Sydney Olympic Park dan Peakhurst.

Curah hujan paling tinggi tercatat di kawasan Illawrra, termasuk di Mount Pleasant dekat Wollongong, sekitar 87 km dari Sydney dimana tercatat 77mm.

"Hari ini akan menjadi hari yang sangat basah di Sydney, dengan hujan baru akan mereda sore dan malam." kata peramal cuaca Rob Taggart.

BOM mengatakan ada kemungkinan terjadi banjir bandang di beberapa bagian namun Biro mengatakan lebih khawatir dengan kemungkinan adanya badai topan di NSW.

Setelah sebelumnya hampir seluruh bagian New South Wales mengalami kekeringan, sekarang petugas bantuan menerima banyak panggilan untuk membantu mengatasi hujan yang lebat.

Dinas bantuan darurat menerima 129 panggilan darurat dan relawan dikerahkan untuk membantu memmperbaiki rumah yang bocor karena hujan.

Walau begitu datangnya hujan ini disambut dengan gembira oleh para petani di berbagai kawasan, termasuk di kawasan Dubbo yang sudah mengalami kekeringan terburuk dalam sejarah.

Sekitar 45 mm curah hujan turun di kota Dubbo, sekitar 388 km dari Sydney antara pukul 9 pagi hari Kamis sampai pukul 5 pagi hari Jumat, kata peramal cuaca.

"Dubbo betul-betul kering tahun ini, kekeringan terburuk dalam sejarah sampai akhir September, jadi hujan ini disambut dengan baik di Dubbo." kata Taggart.

Warga yang lega melihat hujan sudah mengirimkan foto dan video mengenai hujan dalam beberapa hari terakhir.

Tracy Blackman, yang berbagi foto mengenai air keruh yang menggenangi jalan di Dubbo Barat mengatakan tanki air di rumahnya sudah penuh.

"Ini sudah terlambat untuk tanaman kami yang sudah menunggu air begitu lama." katanya di Facebook.

"Namun ini akan membuat runmput jadi hijau bagi ternak, dan juga menambah semangat hidup."

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

 
SHARES
Komentar