Setiap Pekan, Lima Wasit Asing Pimpin Putaran Kedua Liga 1

Setiap Pekan, Lima Wasit Asing Pimpin Putaran Kedua Liga 1
Ilustrasi sepak bola. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - PT Liga Indonesia Baru, operator kompetisi Liga 1 2017 memastikan bakal memanfaatkan wasit asing untuk putaran kedua pada 4 Agustus nanti.

Mengenai jumlahnya, Direktur Utama PT LIB Berlinton Siahaan mengatakan setiap pekannya adalah 50 persen dari total pertandingan yang digelar.

"Jadi sudah disetujui PSSI, setiap pekan ada sembilan laga gunakan 50 persen wasit asing. Ya antara empat atau lima orang setiap pekannya nanti," katanya di kantor PT LIB, Jakarta, Selasa (18/7) petang.

Terobosan menggunakan wasit asing itu menurut Berlinton sudah cukup baik karena memang di Indonesia kekurangan wasit yang memiliki lisensi FIFA. Sejauh ini, baru ada lima wasit yang memiliki pengakuan sertifikasi dari FIFA‎.

"Kami tidak katakan wasit lokal itu jelek, tapi saling introspeksi lah, harus diakui bahwa keterbatasan wasit yang ada kualitas dengan lisensi FIFA sedikit," ungkapnya.

Penggunaan wasit asing sendiri nantinya akan diterapkan sampai akhir musim. Itu berarti, akan ada wasit lokal yang harus tak bertugas karena dievaluasi oleh PT LIB. (dkk/jpnn)


PT Liga Indonesia Baru, operator kompetisi Liga 1 2017 memastikan bakal memanfaatkan wasit asing untuk putaran kedua pada 4 Agustus nanti.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News