Siapkan Jalur KA Pelabuhan-Bandara-Stasiun

Siapkan Jalur KA Pelabuhan-Bandara-Stasiun
Siapkan Jalur KA Pelabuhan-Bandara-Stasiun
JAKARTA - Pemerintah menyiapkan pembangunan infrastruktur angkutan kereta api khusus bandara dan pelabuhan laut di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Khusus Surabaya akan dibangun jalur kereta api layang dari bandara Juanda ke stasiun Gubeng.

"KA bandara tentunya untuk aksesbilitas masyarakat ke bandara, sedangkan KA khusus pelabuhan untuk meningkatkan kapasitas pendistribusian barang dari dan menuju pusat-pusat industri," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Nugroho Indrio kemarin. Menurut dia, program itu dalam rangka mengurangi beban jalan raya.

Dia menjelaskan, rencana pembangunan KA Bandara dan KA Pelabuhan tersebut telah dimasukkan dalam rencana induk perkeretaapian nasional. "Dalam masterplan (rencana induk) perkeretaapian nasional, ada tiga hal pokok yang menjadi prioritas. Salah satunya membuka jalur menuju bandara dan pelabuhan di kota-kota besar yang padat," kata dia.

Sementara fokus lainnya, menurut Nugroho, adalah peningkatan jaringan melalui program revitalisasi, dan membangun angkutan perkotaan berbasis kereta api di kota-kota besar. Khusus untuk program pembangunan jalur KA bandara, lanjut dia, kota-kota besar sudah dimasukkan dalam rencana induk."Antara lain Medan, Bandung dan Surabaya," lanjutnya.

JAKARTA - Pemerintah menyiapkan pembangunan infrastruktur angkutan kereta api khusus bandara dan pelabuhan laut di sejumlah kota besar seperti Jakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News