Siapkan USD 78 Juta Eksplorasi di Libya

Siapkan USD 78 Juta Eksplorasi di Libya
Siapkan USD 78 Juta Eksplorasi di Libya
 JAKARTA - PT Medco Energy International Tbk menyiapkan dana sebesar USD 78 juta untuk aktivitas eksplorasi di blok 47 Libya tahun ini. "Hingga hari ini( kemarin, Red) Medco dan  partner kami (Libya Investment Authority) sudah menginvestasikan sekita USD 321 juta. Sementara tahun ini kami alokasikan sekitar USD 78 juta," kata Direktur Operasi Medco Energy International, Lukman Mahfoedz di Jakarta.

Lukman menjelaskan, rencananya pada tahun ini Medco dan partnernya akan mengebor lima sumur yang terdiri dari tiga sumur ekplorasi dan dua appraisal. Dimana untuk mengebor masing-masing sumur membutuhkan dana USD 8 juta. Hingga saat ini, Medco dan mitranya sudah mengebor 21 sumur di sana yang terdiri dari 17 sumur eksplorasi dan 4 sumur appraisal. "Dari lima sumur yang akan dibor tahun ini, pada kuartal 1 tahun 2010, kami sudah mengebor satu sumur sekitar USD 8 juta," katanya.

Menurut rencana, tahun ini Medco dan mitranya menyelesaikan tahap ekplorasi dan akan membentuk perusahaan patungan pada 2011. Pada tahun yang sama, perseroan juga akan membuka tender Engineering, Procurement Contruction (EPC) pembangunan fasilitas produksi di sana.

Lukman memaparkan, pada 2012 hingga 2013 kontruksi fasilitas produksi akan dilakukan dan diharapkan produksi sudah dimulai pada 2014.

Ada pun target produksi awal yang ditetapkan perseroan sebesar 50.000 hingga 100.000  bph. "Kami sangat optimistis ini tercapai karena selama di sana kami banyak dibantu pemerintah Libya dalam approval. Misalnya untuk permintaan persetujuan operator dan perpanjangan ekplorasi, kami ajukan 4 Maret 2010 dan pada 20 Maret 2010 sudah disetujui," jelasnya.

 JAKARTA - PT Medco Energy International Tbk menyiapkan dana sebesar USD 78 juta untuk aktivitas eksplorasi di blok 47 Libya tahun ini. "Hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News